_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/05/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/05/20/ketahui-penyebab-bayi-muntah-setelah-minum-asi/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/ibu-hamil/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2016/04/25/199450/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=199979"}}_ap_ufee

Mengapa Terkadang Kotoran Mata Kering, Terkadang Basah

Salah satu yang orang rasakan ketika bangun tidur adalah adanya kotoran mata, yang kadang lengket dan basah, dan kadang kering sampai membuat sakit saat membuka mata.

Dr. Sherleen Chen, direktur layanan katarak dan ophthamologi komprehensif di Massachusetts Eye and Eye Infirmary di Boston mengatakan, “Konsensus umumnya adalah kotoran mata adalah sisa-sisa dari airmata yang mengering.”

Airmata mengandung air, protein, minyak, dan lapisan lendir yang disebut mucin, yang tipikal menutupi permukaan mata untuk melembutkan dan melindunginya dari virus danbakteri.

Tapi ketika mata kita tertutup dan kelopak mata tidak berkedip, kotoran dan serpihan dalam mata tidak dibersihkan secara belanjut oleh airmata, yang membantu melunturkannya. Karena itu, saat malam hari, kekeringan menyebabkan kandungan dalam airmata mengendap keluar, jelas Dr. Chen. Kemudian dadih atau kotoran mata itu berkumpul di sudut dalam mata, dimana airmata biasanya berkumpul.

Kotoran mata bisa juga berakumulasi di sudut luar mata atau dimanapun di sepanjang bulu mata.

Terkadang Kotoran Mata Kering Terkadang Basah

Terkadang Kotoran Mata Kering Terkadang Basah

Lalu, mengapa terkadang kotoran mata kering-menyerpih dan terkadang lengket berlendir?

Chen mengatakan tekstur ini adalah fungsi dari lapisan airmata seseorang. Kotoran mata akan kering dan menyerpih pada orang yang matanya mudah kering, sehingga kotoran mata menjadi solid karena tidak ada cairan yang cukup.

Orang yang memiliki alergi, kotoran matanya akan lebih berlendir, yang menjadikan airmata lebih basah.

Orang yang memakai lensa kontak lebih sering memiliki kotoran mata sebab lensa kontaknya mengiritasi permukaan mata, sehingga menghasilkan lebih banyak lendir untuk melindungi dirinya. Orang yang memiliki alergi memengaruhi mata mereka atau orang yang suka menggosok-gosok mata terlalu sering, seperti anak-anak, juga bisa lebih sering memiliki kotoran mata.

Jika udara dalam ruangan kering, Anda juga bisa bangun tidur dengan lebih banyak kotoran mata yang kering.

Meski kotoran mata nampak jelek dan jorok, namun itu tidak berbahaya.

Chen mengatakan cara terbaik untuk membersihkan kotoran mata adalah dengan mengelap dengan kain yang direndam air panas ke kelompak dan bulu mata selama satu atau dua menit, kemudian membersihkan seluruhnya dengan lembut.



Tulis Komentar