_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2016/12/","Post":"https://lifeblogid.com/2016/12/18/proses-tumbuh-kembang-janin-di-rahim-ibu-selama-trimester-pertama/","Page":"https://lifeblogid.com/search/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2016/12/18/proses-tumbuh-kembang-janin-di-rahim-ibu-selama-trimester-pertama/perkembangan-janin-di-rahim-ibu/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2016/04/25/199450/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=199944"}}_ap_ufee

Cara Merawat UPS

UPS atau Uninterupted Power Supply adalah satu satu hardware pelengkap PC yang berguna untuk menyimpan listrik, saat mati lampu atau listrik padam maka UPS akan bekerja sebagai pengaman guna membuat komputer masih tetap hidup agar komponen-komponen yang ada di dalam CPU tidak rusak akibat terputusnya aliran listrik, kali ini kita akan membahas cara merawat UPS yang baik dan benar agas UPS selalu bekerja se optimal mungkin.

Ada banyak sekali komponen yang akan rusak jika komputernya selalu mati akibat terputusnya aliran listrik misalnya saat ‘jepret’ ada pemadaman dari pihak PLN. Untuk itu, maka UPS sangat berperan aktif untuk karena fungsi lainnya sebagai stavol ia juga dapat meredam aliran listrik sehingga tidak merusak komputer jika tiba-tiba mati karena putus hubungan listrik.

Berikut ini adalah cara merawat UPS yang baik dan benar, jika UPS dalam keadaan baik maka komputer akan menyala dengan baik pula saat listrik padam.

merawat UPS

merawat UPS

Cara Merawat UPS:

1. Cara merawat UPS yang pertaman yaitu gunakanlah UPS sesuai dengan daya yang tertera pada spesifikasi UPS tersebut. Jika kelebihan daya maka akan merusak UPS itu sendiri

2. Pada saat pemadaman listrik sebaiknya anda menyimpan terlebih dahulu pekerjaan anda. Setelah itu baru anda shutdown komputer anda. UPS jangan sampai kehabisan daya pada baterainya. hal ini bisa mengakibatkan komputer anda akan mati sebelum pekerjaan anda di simpan. Jika daya sering kehabisan daya maka UPS anda akan rusak dan kinerja nya tidak akan maksimal lagi. Rata-rata UPS hanya bisa bertahan hidup selama 15 menit. Untuk itu sebaiknya anda mempersiapkan komputer untuk segera di matikan.

3. Beri jeda menghidupkan UPS selama satu menit setelah anda mematikan UPS, jangan langsung dihidupkan kembali setelah dimatikan.

4. Cara merawat UPS yang selanjutnya yaitu mencabut Stop Contact UPS jika sedang tidak digunakan untuk menghindari panas yang berlebihan pada UPS.

5. Cara merawat UPS yang ke lima yaitu jangan gunakan UPS pada barang-barang elektronik yang membutuhkan daya besar seperti kipas angin, AC, dll.

6. Gantilah baterai UPS jika saat pemadaman listrik dan komputer anda juga mati. Berarti baterai anda sudah tidak bisa digunakan lagi alias rusak. Jika tidak segera diganti maka cairan pada baterai akan keluar dan merusak komponen-komponen yang ada pada UPS tersebut. Hal ini bisa fatal akibatnya untuk UPS anda. Daya tahan baterai UPS hanya mempunyai kerja aktifnya sampai 2 tahun.

Demikianlah cara merawat UPS dengan baik dan benar. Semoga tips tentang merawat UPS ini dapat berguna bagi anda dan terima kasih telah mengunjungi web ini.



Tulis Komentar