_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/08/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/resep-mp-asi-ubi-untuk-bayi-usia-6-bulan/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/tempat-wisata-kuliner-jakarta-populer/restoran-jemahdi-seafood/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2017/08/15/200581/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Wp_quiz":"https://lifeblogid.com/wp_quiz/can-you-name-the-leo-dicaprio-movie-by-an-image/","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=201113"}}_ap_ufee

Cara Mengobati Gigitan Ular



Ular berbisa mempunyai dua taring atau gigi yang tajam seperti jarum, satu pada tiap-tiap sisi rahang atas. Pada akar taring itu terdapatlah sebuah kelenjar bisa. Bila ular itu menyerang, ia meradak kebawah, menyentuh kulit dengan taringnya dan segera mengeluarkan beberapa tetes racun. Sesudah itu ular akan mundur dan bersiap menyerang lagi.

Jika taring itu kebetulan masuk ke pembuluh balik, racun itu lekas sekali terbawa ke seluruh tubuh. Ular itu selamanya lebih berbahaya pada permulaan musim semi, ketika mereka merayap keluar dari persembunyian selama musim dingin.

racun ular terdapat pada taringnya yg tajam

racun ular terdapat pada taringnya yg tajam

Nyeri dan pembengkakan hampir selamanya terjadi sesudah gigitan ular berbisa. Nyeri itu terasa dengan segera, dan pembengkakan terjadi tidak lama sesudah itu. Warna kulit menjadi ungu, dan satu atau dua lubang kecil bekas tusukan dapat dilihat pada bagian dimana taring menembusi kulit.

Cara Mengobati gigitan ular

Apa yang harus diperbuat?
1. Buat ikatan di sekeliling anggota badan, tepat diatas bagian yang digigit. Gunakan sapu tangan, tali sepatu, dasi, atau bahan lain yang cocok untuk mengikatnya. Ikatan harus cukup erat untuk menghentikan aliran darah di permukaan. Anda dapat mengetahui ikatan itu kuat dengan memperhatikan berapa banyak pembuluh balik mengembang di bawah ikatan itu. Ikatan itu menolong memperlambat meresapnya racun.

2. Baringkan sikorban dengan bagian yang digigit diletakkan lebih rendah dari bagian tubuh yang lain.

3. Sterilkan sebuah pisau atau silet dengan membakarnya pada nyala api. Dengan mata pisau itu buatlah beberapa irisan di atas bagian yang terkena gigitan, kira kira seperempat inci dalamnya, supaya darah mengalir dengan deras. Isaplah darahnya bisa dengan mulut atau alat lain yang bisa menghisap.

4. Bawalah sikorban ke dokter secepatnya.

5. Jika pembengkakan bertambah diatas ikatan, pindahkan tali pembebebat lebih atas lagi.

6. Jika si korban kelihatan lemah atau pusing, berikan teh keras atau kopi keras. Sekali-kali jangan berikan alkohol karna hanya akan menyebarkan racun ke seluruh tubuh dengan cepat.

7. Gunakan serum anti racun ular, ikuti petunjuknya dalam memberikan obat tersebut. Jika sudah ditangani dokter tentunya dokter sudah tau melakukannya.

Mencegah gigitan ular

Ular menggigit karena mempertahankan diri. Perhatikan baik-baik sewaktu and berjalan, terutama di tempat yang terdapat banyak ular. Kaki harus dilindungi baik-baik dengan menggunakan sepatu panjang. Anak-anak harus diajarkan tentang bahaya memegang ular atau binatang melata lainnya. Juga saat mendaki batu dimana banyak ular bersembunyi jangan biarkan tangan anda telanjang.



Leave a Reply