_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/05/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/05/20/ketahui-penyebab-bayi-muntah-setelah-minum-asi/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/ibu-hamil/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2016/04/25/199450/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=199979"}}_ap_ufee

Cara Menghilangkan Ngantuk

Jika anda terbiasa bekerja dalam suasana yang dapat membuat ngantuk, beberapa tips cara menghilangkan ngantuk dibawah ini bisa anda gunakan. Terutama bagi anda yang terlalu lama bekerja di depan komputer atau yang selalu duduk di kursi saat bekerja biasanya sering muncul rasa mengantuk.

Cara menghilangkan ngantuk yang biasa dilakukan adalah dengan minum kopi. Kopi memang terbukti menghilangkan ngantuk, namun dengan minum kopi ada efek samping yang merugikan yaitu bisa mengurangi waktu tidur, menganggu siklus tidur dan menurunkan kualitas tidur. Tips dibawah ini merupakan cara yang sehat untuk menghilangkan ngantuk selain dari minum kopi dan tidur tentunya.

Cara menghilangkan ngantuk

Bangun dari kursi dan berjalan-jalan sebentar selama 10 menit dapat meningkatkan energi hingga dua jam ke depan. Itu karena saat berjalan, oksigen dipompa melalui pembuluh darah Anda ke otak dan otot.

Istirahatkan mata anda setelah lama memandang layar komputer atau kertas. Alihkan sejenak pandangan anda ketempat lain atau ke luar jendela untuk membuat mata lebih rileks.

Makan cemilan dapat membantu menghilangkan ngantuk. Namun pilihlah cemilan yang sehat yang dapat meningkatkan energi lebih lama contohnya:
-Kacang mentega pada kerupuk gandum atau batang seledri
-Yogurt dan segenggam kacang-kacangan atau buah segar
-Baby carrots dengan saus krim keju rendah lemak.

Cari teman ngobrol untuk membuat pikiran lebih rileks sejenak. Kalau berada di rumah ngobrol sama orang di rumah, kalo di kantor ngobrol sama rekan kerja atau bisa dengan menelpon rekan atau teman wanita.

Aturlah cahaya ruangan supaya terang. Ruangan dengan pencahayaan redup memicu kelelahan. Studi menunjukkan cahaya terang dapat mengurangi kantuk dan meningkatkan kewaspadaan.

cara menghilangkan ngantuk

cara menghilangkan ngantuk

Menarik nafas yang dalam dapat meningkatkan kadar oksigen darah dalam tubuh. Hal ini memperlambat detak jantung, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan sirkulasi, yang pada akhirnya membantu kinerja mental dan energi.

Cobalah latihan ini sampai 10 kali :

*Dengan satu tangan di perut Anda tepat di bawah tulang rusuk dan yang lainnya di dada Anda, tarik napas dalam melalui hidung Anda dan biarkan perut Anda mendorong tangan Anda keluar. Dada Anda tidak boleh bergerak.
*Tarik napas melalui bibir seolah-olah Anda bersiul. Anda dapat menggunakan tangan di perut Anda untuk membantu mendorong udara keluar.

Menepilah ketika mengemudi, jika anda berada dalam perjalanan panjang, gantilah posisi pengemudi sesering mungkin. Berhenti setidaknya setiap dua jam untuk berjalan-jalan dan mendapatkan udara segar, buka kaca mobil, dan mendengarkan musik dengan suara keras untuk menghilangkan ngantuk.

Minum air untuk menghilangkan dehidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan kelelahan. Pastikan Anda minum banyak air dan makan makanan yang mengandung kadar air tinggi seperti buah dan sayuran.

Olahraga yang teratur lebih efektif meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan di siang hari daripada mengonsumsi obat. Olahraga teratur sebahai cara menghilangkan ngantuk di siang hari dan juga meningkatkan kualitas tidur.



Tulis Komentar