_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/08/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/resep-mp-asi-ubi-untuk-bayi-usia-6-bulan/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/tempat-wisata-kuliner-jakarta-populer/restoran-jemahdi-seafood/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2017/08/15/200581/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Wp_quiz":"https://lifeblogid.com/wp_quiz/can-you-name-the-leo-dicaprio-movie-by-an-image/","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=201108"}}_ap_ufee

8 Manfaat dan Khasiat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan



Khasiat dan Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan – Daun jambu biji memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan dan pengobatan penyakit yang cukup ampuh dan terbukti. Maka dari itu tanaman jambu biji selain bisa dimanfaatkan sebagai makanan pencuci mulut dari buahnya yang kaya nutrisi, daunnya juga bisa dimanfaatkan sebagai tanaman herbal yang berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit dan menjaga kesehatan tubuh.

Berikut ini diuraikan berbagai manfaat dan khasiat daun jambu biji untuk kesehatan yang bisa anda baca dengan seksama sebagai referensi yang memberikan pengetahuan seputar penggunaan tanaman herbal dan buah sebagai alternatif untuk mengobati berbagai macam penyakit. Silahkan disimak!

manfaat daun jambu biji

Manfaat Daun Jambu Biji

1. Obat Luka Berdarah
Manfaat daun jambu biji selanjutnya yang tidak banyak diketahui adalah untuk mengobati luka berdarah agar cepat kering. Saat anda baru saja mengalami luka berdarah, remas dan lumatkan 3-4 helai daun jambu biji yang segar. Tempelkan lumatan daun tersebut di tempat luka yang berdarah ataupun borok. Lakukan cara ini beberapa kali sehari, hingga sembuh.

2. Mengobati Diare
Manfaat daun jambu biji yang paling dikenal adalah untuk mengobati diare. Untuk memakainya, siapkan daun Jambu biji yang segar kira-kira 30 gr bersama segenggam tepung beras. kedua bahan ini direbus kedalam 1-2 gelas air. Dinginkan lalu minum air hasil olahan 2 kali sehari.

Selain itu anda bisa mencoba cara yang lebih mudah yaitu mengunyah 4 lembar daun jambu biji muda segar memakai sedikit garam kemudian ditelan, lakukan ini 2 kali sehari untuk hasil maksimal.

3. Mengatasi Sariawan
Untuk mengatasi sariawan memakai daun jambu biji caranya mudah, siapkan 1 genggam daun jambu biji segar bersama 1 jari kulit batang pohon jambu biji. Rebus dengan 1 liter air. Saring dulu kemudian minum air rebusan tersebut 2 kali sehari.

4. Mengobati Ambeien
Untuk pengobatan ambeien dengan daun jambu biji caranya mudah saja,dengan menyiapkan beberapa lembar daun jambu biji muda yang terdapat dipucuk bersama 1 pisang batu. Cuci bersih dahulu kedua bahan tersebut dan pisang batunya jangan kupas. Setelah kedua bahan bersih lalu ditumbuk bersama. Air perasan daun jambu dan pisang batu ini di tampung kemudian di minum. Lakukan teratur setiap hari sampai hasilnya terlihat.

5. Mengatasi Perut Kembung Pada Anak
Daun jambu biji juga bermanfaat untuk mengatasi sakit kembung pada anak. Caranya, siapkan 3 lembar daun jambu biji muda yang ada dipucuk, 5 butir adas dan 1/2 jari kulit batang pulosari. Rebus ketiga campuran bahan ini memakai 3 gelas air hingga airnya tinggal segelas. Saring kemudian minum air rebusan tersebut.

6. Menurunkan Kadar Kolesterol
Untuk menurunkan kadar kolesterol, cuci bersih daun jambu biji segar sebanyak 5 lembar, 8 lembar daun sirih dan 2 genggam daun ceremai. Rebus ketiga bahan ini kedalam air sebanyak 3 gelas hingga tersisa separuhnya. Air rebusan ini diminum dengan kadar 1/2 gelas di pagi hari, selanjutnya 1/2 gelas pada malam hari.

7. Mengobati Demam Berdarah
Manfaat daun jambu biji yang cukup ampuh selanjutnya adalah untuk mengobati demam berdarah. Cara pengobatan demam berdarah dengan daun jambu biji cukup sederhana, ambil 5 lembar daun jambu biji kemudian rebus dengan air sebanyak 2 gelas sampai mendidih. Ramuan tersebut dapat diminum dalam waktu 4 jam sekali hingga anda sembuh.

8. Mengobati Alergi
Manfaat daun jambu biji untuk kesehatan dan pengobatan lainnya adalah membantu dalam mengobati segala jenis alergi. Senyawa yang hadir dalam daun jambu biji mencegah pelepasan histamin yang merupakan penyebab utama alergi. Jika anda mengalami alergi yang biasanya ditandai dengan perubahan warna kulit dan muka berubah menjadi merah, coba atasi dengan mengonsumsi beberapa lembar daun jambu biji muda yang bisa dimakan setelah dicuci bersih.

******

Baca juga:

8 Khasiat dan Manfaat Buah Pir Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah Tomat Untuk Kulit Yang Tetap Awet Muda

8 Manfaat Dan Khasiat Buah Mangga Untuk Kesehatan

Demikianlah beberapa khasiat dan manfaat daun jambu biji yang cukup ampuh saat dipakai dalam berbagai pengobatan herbal. Silahakan dibaca juga artikel lainnya yang memberikan informasi seputar manfaat dan khasiat buah dan daun untuk kesehatan dan kecantikan hanya di blog ini. Terimakasih sudah membaca!



Leave a Reply