_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/03/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/03/10/cara-ampuh-untuk-mengatasi-perut-kembung-pada-bayi/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/03/10/cara-ampuh-untuk-mengatasi-perut-kembung-pada-bayi/cara-menghilangkan-perut-kembung-pada-bayi/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2016/04/25/199450/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=199955"}}_ap_ufee

8 Khasiat dan Manfaat Buah Pir Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Khasiat dan manfaat buah pir – Buah pir dikenal sebagai buah tropis yang manis yang mengandung banyak air. Pada umumnya buah ini sangat ideal untuk dijadikan sebagai buah pencuci mulut setelah makan untuk mendapatkan tambahan nutrisi vitamin, mineral dan serat yang dikandungnya. Buah pir juga relatif aman untuk dikonsumsi oleh penderita alergi karena kandungan salisilat dan benzoat yang rendah. Vitamin C, vitamin K, dan tembaga yang terkandung di dalamnya berguna untuk melawan radikal bebas. Parutan buah pir juga bisa digunakan untuk mengempukkan daging sebelum dimasak.

Manfaat buah pir untuk kesehatan dan kecantikan ternyata cukup banyak. Vitamin dan serat pangan dalam buah pir dapat dimanfaatkan untuk menjaga kecantikan kulit. Tak hanya untuk kecantikan kulit, nutrisi yang terkandung dalam buah pir juga berguna untuk merawat rambut Anda. Ingin tahu apa saja manfaat pir untuk kesehatan dan kecantikan? Silahkan disimak penjelan lengkap berikut mengenai manfaat dan khasiat buah pir untuk kesehatan dan kecantikan berikut ini.

khasiat dan manfaat buah pir

Manfaat Buah Pir

1. Melancarkan pencernaan
Salah satu manfaat buah pir adalah untuk melancarkan pencernaan. Kandungan pektin dan serat dalam buah pir bisa membantu menghentikan diare dan tanin dapat melancarkan saluran pencernaan. Apabila tidak suka dengan buah pepaya yang terkenal dengan khasiat serupa, buah ini bisa menjadi alternative.

2. Menurunkan kolesterol
Buah pir memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dimana buah pir ini memiliki kandungan pektin yang tinggi. Itulah yang membuatnya ampuh untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Pektin akan berkerja menyerap lemak di usus sebelum mereka diserap melalui aliran darah.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Manfaat buah pir yang tidak kalah pentingnya adalah untuk menjaga sistem imun atau kekebalan tubuh. Buah pir memiliki banyak kandungan vitamin seperti A, K, C, B2, kalsium B3, B6, mineral, magnesium, kalium, dan tembaga. Jadi, konsumsi buah pir sangat bagus untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar anda tidak mudah terserang penyakit.

4. Perawatan dan kesehatan kulit
Pir mengandung serat pangan yang baik untuk pencernaan. Selain itu serat pangan dalam berperan penting dalam menjadikan kulit halus dan lembut. Karena serat tersebut menghambat penyerapan gula ke dalam aliran darah, sehingga zat gula tersebut tidak sempat merusak collagen yang dibutuhkan untuk menjaga kekenyalan kulit.

Memakan sebutir buah pir setiap hari dapat mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan dini. Kandungan vitamin C, vitamin K, dan tembaga dalam buah pir dapat melawan radikal bebas yang menjadikan kulit menua. Jika Anda memiliki kulit yang berminyak, gunakan buah pir untuk mengurangi kadar minyak. Haluskan daging buah pir beserta kulitnya, campurkan dengan krim segar dan madu. Oleskan di wajah tiga kali seminggu. Ramuan tersebut akan membersihkan kelenjar minyak.

Pir mengandung vitamin dan mineral yang penting untuk meningkatkan kekebalan dari dalam. Akibatnya kulit jadi lebih tahan terhadap bakteri dan kuman yang dapat mengakibatkan jerawat. Tak hanya untuk kulit berminyak, pir juga cocok untuk merawat kulit kering. Pir mengandung humectant yang dapat menyeimbangkan kadar air dalam kulit dan mengunci kelembapan. Karena itu ekstrak buah pir kadang dijadikan bahan campuran lotion. Enzim alami dalam buah pir menjadikannya bahan yang pas untuk scrub. Untuk mengangkat sel kulit mati, cobalah oleskan pir yang sudah dihaluskan dan gosok perlahan hingga kulit terasa halus.

5. Menyehatkan rambut
Buah pir yang sudah matang mampu menjadikan rambut Anda sehat dan cantik. Sorbitol dan glucitol di dalamnya dapat menutrisi kulit kepala serta helai rambut. Rambut yang kering dan kusut bisa menjadi halus serta mudah diatur jika rajin dirawat dengan masker buah pir.

Selain menjadikan rambut lebih mudah diatur, masker buah pir bisa menjadikan rambut berkilau. Untuk membuat masker ini Anda tinggal mencampurkan daging buah pir yang sudah dihaluskan dengan cuka apel dan air. Untuk yang berambut ikal, cream bath dengan buah pir ternyata cocok untuk mempertahankan bentuk ikal rambut Anda agar tetap indah. Caranya campurkan buah pir yang sudah dihaluskan dengan minyak kedelai, kemudian pakailah untuk cream bath. Diamkan selama satu jam kemudian bilas hingga bersih.

6. Mencegah Osteoporosis
Manfaat buah pir selanjutnya adalah untuk mencegah osteoporosis yang datang pada usia lanjut. Pir mengandung boron yang dibutuhkan tubuh untuk mempertahankan kalsium, yang dapat mencegah osteoporosis sehingga postur tubuh Anda tetap terjaga.

7. Mencegah kanker
Konsumsi buah pir secara rutin dapat mencegah kanker. Adapun kandungan asam hydroxycinnamic yang ditemukan dalam buah pir dapat mencegah kanker perut dan paru-paru.

8. Melawan Alzheimer
Menurut sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh pihak Cornell University, kulit pir mengandung antioksidan quercetin yang dapat melawan penyakit Alzheimer. Jadi, sebaiknya Anda makan pir dengan kulitnya.

******

Baca juga:

Manfaat Buah Tomat Untuk Kulit Yang Tetap Awet Muda

8 Manfaat Dan Khasiat Buah Mangga Untuk Kesehatan

3 Manfaat dan khasiat daun jambu biji untuk pengobatan penyakit

Demikianlah kumpulan manfaat buah pir untuk kesehatan dan kecantikan yang khasiatnya bisa anda ambil dengan mengonsumsi buah ini secara rutin. Sebelum anda mencobanya, pastikan untuk memilih buah pir yang sudah masak, karena buah pir yang matang memiliki kandungan nutrisi yang paling tinggi. Terimakasih dan semoga bermanfaat!



Tulis Komentar