_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/05/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/05/20/ketahui-penyebab-bayi-muntah-setelah-minum-asi/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/ibu-hamil/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2016/04/25/199450/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=199979"}}_ap_ufee

Hormon-hormon Pada Wanita

Naluri keibuan pada seorang wanita timbul hampir seluruhnya dari hormon-hormon wanita di dalam tubuhnya. Hormon-hormon penting ini dihasilkan dalam sepasang alat tubuh berbentuk buah kemiri yang disebut indung telur. Indung telur ini terletak jauh di dalam panggul, satu pada setiap sisi rahim.

Dua Jenis Hormon-hormon Pada Wanita

Ada dua jenis hormon wanita yang terutama, estrogen dan progesteron. Kedua-duanya dihasilkan di dalam indung telur di bawah pengawasan kelenjar hypphyse, yakni kelenjar endrocin paling utama di dalam tubuh. Banyaknya hormon wanita sangat berbeda-beda sesuai dengan waktu dalam bulan. Kedua-duanya perlu untuk memberi dia kekuatan dan tenaga dan menyebabkan adanya rambut yang bergelombang dan terutama bentuk kewanitaan pada tubuhnya.

dua hormon penting pada wanita adalah estrogen dan progesteron

dua hormon penting pada wanita adalah estrogen dan progesteron

Bila seorang gadis mencapai usia sebelas atau duabelas tahun, indung telurnya mulai menghasilkan banyak sekali estrogen, yang menyebabkan dia bertumbuh dengan cepat dan berkembang menjadi seorang anita muda yang normal. 35 tahun tahun berikutnya adalah masa subur dalam hidupnya karena ia dapat mempunyai anak. Tahun-tahun permulaan masa remaja ditandai dengan pancaroba yang bergelora yang sukar dipahami bukan saja oleh orang dewasa, tetapi juga oleh gadis itu sendiri.

Haid seorang wanita muda boleh dibandingkan dengan pasang surut serta naiknya pasang ke pantai. Setiap bulan ia melalui peredaran yang selalu berubah dan merasa tidak pernah sama dari satu hari kepada hari yang lain. Arah pikirannya seorang wanita muda mungkin berubah dari hari ke hari. Suatu fakta yang kebanyakan orang tidak mengerti.

Hormon-hormon pria dihasilkan kira-kira dalam perimbangan yang tetap, sehingga tubuh pria berbeda sedikit saja dari hari satu ke hari yang lain. Tetapi kaum wanita mempunyai bukan saja satu hormon, melainkan 2, dan masing masingmenghasilkan jumlah yang selalu berubah-ubah sepanjang masa haid setiap bulan. Tidak mengherankan jika kaum wanita jauh lebih berubah-ubah, tentu saja hal ini menambahkan kenikmatan besar dan variasi bagi kehidupannya.

Hormon-hormon wanita itu mengubahkan susunan kulitnya, ukuran dan bentuk tulang-tulangnya, aliran pikirannya, dan mempengaruhi segala sesuatu yang diperbuatnya dalam kehidupan. Esterogen, yaitu hormon wanita yangpaling kuat, memberi dia dorongan tenaga yang besar sekali, serta daya tahan yang besar sehingga kebanyakan kaum wanita hidup lebih lanjut daripada suami mereka beberapa tahun lamanya.



Tulis Komentar