_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/08/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/resep-mp-asi-ubi-untuk-bayi-usia-6-bulan/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/tempat-wisata-kuliner-jakarta-populer/restoran-jemahdi-seafood/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2017/08/15/200581/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Wp_quiz":"https://lifeblogid.com/wp_quiz/can-you-name-the-leo-dicaprio-movie-by-an-image/","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=201108"}}_ap_ufee

Pengenalan Internet Serta Istilah-Istilahnya



Interconnected Network – atau yang lebih populer dengan sebutan Internet adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia. Setiap komputer dan jaringan terhubung secara langsung maupun tidak langsung ke beberapa jalur utama yang disebut internet backbone dan dibedakan satu dengan yang lainnya menggunakan unique name yang biasa disebut dengan alamat IP 32 bit.

Contoh: 202.155.4.230

Komputer dan jaringan dengan berbagai platform yang mempunyai perbedaan dan ciri khas masing-masing (Unix, Linux, Windows, Mac, dll) bertukar informasi dengan sebuah protokol standar yang dikenal dengan nama TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). TCP/IP tersusun atas 4 layer (network access, internet, host-to-host transport, dan application) yang masing-masing memiliki protokolnya sendiri-sendiri.

World Wide Web

Di layer teratas protokol TCP/IP terdapat beberapa protokol untuk berbagai jenis layanan yang sering digunakan orang. Protokol-protokol tersebut antara lain adalah:

· SMTP (Simple Mail Transport Protocol) untuk layanan E-Mail (Electronic Mail),

· FTP (File Transfer Protocol),

· IRC (Internet Relay Chat),

· Telnet, dan yang paling terkenal:

· HTTP (HyperText Transfer Protocol) untuk layanan World Wide Web (WWW).

WWW adalah layanan yang paling sering digunakan dan memiliki perkembangan yang sangat cepat karena dengan layanan ini kita bisa menerima informasi dalam berbagai format (multimedia). Untuk mengakses layanan WWW dari sebuah komputer (yang disebut WWW server atau web server) digunakan program web client yang disebut web browser atau browser saja. Jenis-jenis browser yang sering digunakan adalah: Netscape Navigator/Comunicator, Internet Explorer, NCSA Mosaic, Arena, Lynx, dan lain-lain.

Situs Web dan Homepage

Informasi-informasi yang terdapat di WWW dikemas dalam bentuk halaman-halaman web (web page). Sekumpulan halaman web milik seseorang atau suatu perusahaan dikumpulkan dan diletakkan dalam sebuah situs web (web site) sedangkan homepage adalah istilah untuk menyebut halaman pertama yang akan muncul jika sebuah situs web diakses. Setiap halaman dan situs dalam WWW memiliki alamat yang unik dan khas yang disebut sebagai URL (Universal Resource Locator). URL mempunyai bentuk dasar:

protocol://hostname/[path/[filename]]

HyperText Markup Language

Halaman web adalah sebuah dokumen HTML, artinya, untuk menulis sebuah
halaman web digunakan HTML (HyperText Markup Language), yaitu suatu bahasa yang menggunakan tanda-tanda tertentu (disebut sebagai Tag) untuk menyatakan kode-kode yang harus ditafsirkan oleh browser agar halaman tersebut dapat ditampilkan secara benar.

Dokumen HTML sebenarnya hanya berupa dokumen teks biasa (tujuannya agar dapat dengan mudah dipindah-pindahkan antar berbagai platform), namun kelebihannya dari dokumen yang lain adalah: dengan HTML dapat dilakukan pemformatan teks, peletakan gambar, suara dan elemen-elemen multimedia yang lain, dan yang terpenting adalah hypertext, yakni teks yang berfungsi sebagai suatu penghubung (hyperlink atau link) antara halaman web yang satu dengan halaman web lainnya. Link-link inilah yang menjadi ciri khas dan sekaligus membentuk World Wide Web, yaitu jaringan halaman-halaman web yang saling terhubung satu sama lain.

internet

HTML Tag

Untuk membangun suatu situs atau halaman web, orang terlebih dahulu harus mengerti tentang HTML. HTML terdiri dari tag-tag yang mempunyai fungsi dan kegunaan masing-masing. Tag adalah kode yang berada di antara tanda < dan >. Bentuk umum dari suatu tag adalah: teks.. .
Tag-tag tersebut ditulis secara berpasangan. Saat program browser menampilkan suatu halaman web, browser tersebut akan mencari tag pembuka, kemudian menampilkan teks dengan bentuk yang sesuai dengan definisi dari tag tersebut dan kemudian mencari tag penutup sebagai batasannya. Tidak semua tag harus ditulis berpasangan karena ada beberapa tag tertentu yang hanya perlu ditulis tunggal saja.

Web Authoring

Membangun suatu halaman web dapat dilakukan secara manual, dalam pengertian bahwa pembuat halaman web (web author) harus menuliskan tag satu-persatu beserta teks-teks yang menjadi isinya. Namun kini telah banyak beredar program-program yang dapat membantu web author menyusun suatu halaman web tanpa harus kesulitan untuk menuliskan dan menghafalkan tag-tag HTML satu-persatu. Program-program tersebut sering dikenal dengan nama HTML editor, yakni program text processing yang khusus menangani pembuatan halaman web. Program- program ini dengan kelebihannya masing-masing sangat membantu para pembuat dalam menghemat waktu dan tenaga dalam proses penyusunan halaman web. Program HTML Editor yang sering digunakan adalah: Adobe PageMill, Netscape Composer, MS Frontpage, HotMetal Pro, dll.

Web Hosting dan Domain Name

Setelah halaman web selesai dibangun, maka selanjutnya menampilkan halaman web ini di Internet sehingga dapat dikunjungi oleh pengguna Internet di seluruh dunia. Untuk itu maka perlulah kiranya halaman web ini disimpan didalam komputer yang dapat pula diakses dari Internet. Penyimpanan halaman web ke dalam komputer ini dinamakan web hosting. Komputer ini untuk dapat diakses dari Internet harus mempunyai alamat yang khas yang dikenal pula di Internet. Sebagaimana yang diuraikan di atas (section Internet), unique address ini dinamakan IP address. Selain memiliki unique address ini, komputer tersebut juga harus mempunyai nama host dan domain yang unique pula yang diatur dalam domain name.

Contoh :

https://lifeblogid.com

http:// merujuk kepada protocol hyper text transfer protocol www merujuk kepada hostname komputer yang diisikan halaman web lifeblogid.com merujuk kepada domain name

Dengan menjalankan perintah ping https://lifeblogid.com kita peroleh:

PING https://lifeblogid.com (216.139.227.172): 56 data bytes, dimana 216.139.227.172 adalah unique address-nya atau IP address dari host www milik domain lifeblogid.com



Leave a Reply