_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/08/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/resep-mp-asi-ubi-untuk-bayi-usia-6-bulan/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/tempat-wisata-kuliner-jakarta-populer/restoran-jemahdi-seafood/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2017/08/15/200581/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Wp_quiz":"https://lifeblogid.com/wp_quiz/can-you-name-the-leo-dicaprio-movie-by-an-image/","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=201113"}}_ap_ufee

Resep Kue Donat Klasik Praktis Istimewa



Resep donat klasik praktis istimewa berikut ini adalah sebuah resep roti donat yang biasanya paling sering dibuat dan cukup familiar sebagai sajian istimewa. Kue donat sendiri kue dengan bahan adonan menyerupai roti yang dimasak dengan cara digoreng dalam minyak panas. Bentuk donat sangat familiar yaitu berbentuk lingkaran dengan lubang ditengahnya dengan tambahan toping yang membuat kue donat ini sangat mudah dikenali.

Untuk memberikan variasi rasa yang lebih beragam, banyak orang mencoba mengkreasikan toping donat dari berbagai bahan seperti gula, meses, selai, krim, custard, keju, coklat, bakan dengan daging dan sayuran. Kreasi resep donat ini bisa kita lihat dari banyaknya jenis-jenis donat yang dijajakan pada toko kue atau kios khusus yang menjual donat dengan berbagai pilihan rasa dan toping bahkan ada yang menawarkan donat panggang dan juga donat dari bahan yang beragam seperti donat kentang dan donat talas.

Menurut sejarah, resep donat awalnya dikembangkan oleh sebagian imigran Belanda yang tinggal menetap di Amerika Serikat yang membuat donat kemudian komposisi dan citarasanya dipengaruhi oleh budaya Amerika dan menjadi donat hingga saat ini. Donat diperkirakan berawal dari kreasi masyarakat Belanda yang gemar membuat kue minyak pada pertengahan abad ke-19. Kue minyak khas Belanda ini dikenal dengan sebutan “olykoeks”. Kue tersebut berbentuk bulat dan biasanya digoreng dengan lemak binatang hingga berwarna kuning keemasan. Karena bagian tengah kue sulit matang, biasanya ditambahkan bahan isian berupa buah atau kacang yang tak membutuhkan waktu memasak yang lama.

Donat klasik adalah donat biasa yang dimasak dengan cara digoreng dan disajikan dengan tambahan gula donat atau gula halus. Bahan ini merupakan pilihan utama untuk menyajikan kue donat yang lebih praktis dan cocok untuk semua selera. Nah, mari kita simak bersama resep donat klasik yang ada dibawah ini yang bisa anda buat sendiri dengan praktis dan sederhana, kapan saja dan dapat menjadi pilihat tepat sajian istimewa saat berkumpul bersama kerabat dan sanak saudara.

resep donat klasik

Resep Kue Donat Klasik

Bahan:
– 275 gram tepung terigu protein tinggi
– 85 ml susu cair
– 1 butir telur
– 1/2 sendok teh garam
– 2 sendok makan mentega tawar
– minyak padat untuk menggoreng

Bahan Biang:
– 12 gram fresh yeast
– 100 ml susu cair hangat
– 25 gram tepung terigu protein tinggi
– 2 sendok teh gula pasir

Bahan Pelapis:
– 125 gram gula donat

Cara membuat donat klasik:
1. Tahap pertama buat biang dengan mencampur fresh yeast dengan susu cair hangat kemudian aduk rata. Tambahkan tepung terigu dan gula pasir. Aduk rata. Diamkan 20 menit sampai berbusa. Sisihkan.
2. Campur tepung terigu, susu cair, telur, dan bahan biang. Uleni hingga kalis.
3. Tambahkan garam dan mentega tawar. Uleni hingga elastis. Diamkan 30 menit.
4. Kempiskan adonan. Timbang masing-masing 30 gram. Bulatkan. Diamkan 10 menit.
5. Pipihkan adonan. Lubangi tengahnya. Letakkan dalam loyang yang sudah ditabur tepung terigu. Diamkan 40 menit hingga mengembang.
6. Goreng donat dalam minyak yang sudah dipanaskan diatas api kecil sampai matang. Tiriskan.
7. Gulingkan donat ke dalam gula donat.
8. Penyajian untuk 18 buah

Demikianlah resep kue donat klasik yang bisa dibagikan kali ini. Mencoba membuat sendiri resep donat ini tentunya akan menambah pengetahuan memasak dan kuliner jika anda masik pemula. Jika anda berminat juga, silahkan simak aneka resep kue basah, cake dan roti lainnya yang sudah diposkan di blog ini.



Leave a Reply