_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/05/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/05/20/ketahui-penyebab-bayi-muntah-setelah-minum-asi/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/ibu-hamil/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2016/04/25/199450/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=199979"}}_ap_ufee

10 Tips Hemat Energi Pada PC dan Laptop

10 Tips Hemat Energi Pada PC dan Laptop yang saya berikan disini biasanya sering kita lalaikan untuk penghematan daya tahan baterai laptop kita. beberapa tips-tips itu adalah:

10 Tips Hemat Energi Pada PC dan Laptop:

1. Atur Pencahayaan dan Kontras Monitor

Cara pertama dari 10 Tips Hemat Energi Pada PC dan Laptop, mungkin bagi orang awam atau orang yang pemula memegang laptop, mereka jarang sekali memperhatikan pengaturan pencahayaan monitor mereka. yang di maksud dalam topik ini adalah tingkat pencahayaan yang ada pada layar monitor di atur terlalu tinggi sehingga baterai cepat sekali habis. untuk mengatur pencahayaan tersebut maka anda harus menggunakan tombol yang berada di bawah monitor.

2. Matikan Monitor/ layar monitor

Cara kedua dari 10 Tips Hemat Energi Pada Laptop adalah dengan mematikan monitor, terutama monitor yang jenis nya yaitu CRT, karena jenis monitor ini terlalu banyak menghabiskan energi. Jadi, jika anda ingin meninggalkan komputer atau laptop anda dalam waktu yang lama ada sebaiknya cara ini dilakukan. Anda juga dapat menyetting komputer anda dengan cara

klik “control panel” lalu pilih “power option properties” dan klik tab “power schemes”. Lalu klik tanda panah di bagian “power schemes” lalu pilih “home/office desk”. Selanjutnya yaitu pilih waktu yang diinginkan pada “turn off monitor”, dan terakhir yaitu klik “OK”.

3. Matikan Harddisk

Cara ketiga dari 10 Tips Hemat Energi Pada PC dan Laptop, Walaupun kita tidak sedang menggunakan apapun ada komputer kita, tetapi data anda akan selalu di baca oleh Harddisk oleh system. Oleh karena itu, harddisk-harddisk akan selalu berputar dan tentu saja menghabiskan energi. Langkah-langkah dalam mematikan harddisk adalah sebagai berikut:

Pada “power option properties” klik tab “power schemes”. Selanjutnya yaitu klik tanda panah di bagian “power schemes” dan pilih “home/off desk”. Setelah itu anda klik “turn off harddisk” dan setting waktu nya. Lalu klik “apply” dan “OK”.

4. Mematikan Peralatan Lainnya

Cara ke Empat dari 10 Tips Hemat Energi Pada PC dan Laptop, Matikanlah lainnya seperti speaker, modem eksternal, printer, dan lain-lainnya. karena peralatan tersebut dapat mengkonsumsi banyak daya listrik juga.

5. Mode Hibernate

Cara ke Lima dari 10 Tips Hemat Energi Pada PC dan Laptop, buatlah komputer atau laptop anda dalam mode hibernate dengan mengklik tombol “start”, lalu klik “Hibernate”

6. Gunakan UPS

Cara ke Enam dari 10 Tips Hemat Energi Pada PC dan Laptop, Sebisa mungkin anda menggunakan UPS karena fungsi UPS ini selain menyimpan daya listrik dia juga sebagai stavol yang bisa meredam daya sesuai dengan kebutuhan komputer anda, jika mati lampu juga tidak akan merusak komponen-komponen yang ada pada komputer atau laptop anda.

7. Mode Stand By

Cara ke Tujuh dari 10 Tips Hemat Energi Pada PC dan Laptop, Jika ingin menghemat daya, aturlah monitor dan harddisk komputer anda dengan mode stand by. tapi perlu anda ketahui bahwa saat anda menggunakan mode standy by dan anda meninggalkan komputer atau laptop anda terlalu lama maka data-data yang belum anda simpan akan rusak atau hilang.

8. Baterai Laptop

Cara ke Delapan dari 10 Tips Hemat Energi Pada PC dan Laptop, Jika anda sedang men-charge baterai laptop anda, pastikan proses charge nya selesai. Jangan sampai baterai sudah penuh tetapi adaptor nya masih tercolok pada laptop anda. Hal ini dapat mengakibatkan baterai laptop anda akan lebih sedikit daya hidup nya atau daya tahan baterai anda akan mengalami penurunan.

Tips Hemat Energi Pada PC dan Laptop

Tips Hemat Energi Pada PC dan Laptop

9. Port USB

Cara ke Sembilan dari 10 Tips Hemat Energi Pada PC dan Laptop, Saat anda menggunakan Laptop, dan saat itu anda memasukkan ke salah satu port USB seperti mouse, flash disk, dan lain-lainnya kalau sudah selesai pastikan untuk mencabutnya kembali. karena peralatan yang masih menancap di laptop akan memakan daya juga.

10.Skema Pemakaian Energi Laptop

Cara ke Sepuluh dari 10 Tips Hemat Energi Pada PC dan Laptop, Biasanya produsen-produsen laptop juga menyediakan fitur-fitur dan software management. Software ini sangat berguna sekali untuk mengatur pemakaian baterai dan daya listrik yang di gunakan. Dengan adanya software ini maka kita dapat melihat ataupun memantau pemakaian baterai apakah pemakaiannya boros atau tidaknya.

Sekian postingan 10 Tips Hemat Energi Pada PC dan Laptop, Mudah-mudahan dapat berguna bagi anda sekalian.



Tulis Komentar