_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/06/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/06/05/bayi-jarang-bab-dan-sering-kentut-bahaya-tidak/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/06/05/bayi-jarang-bab-dan-sering-kentut-bahaya-tidak/bayi-jarang-bab-sering-kentut/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2016/04/25/199450/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=199979"}}_ap_ufee

Pengertian Processor dan Bagian-Bagian Processor



Pengertian Processor: processor adalah otak sentral dari komputer. Sebetulnya processor inilah yang disebut CPU (Central Processing Unit) artinya unit pemroses utama dari perintah-perintah program yang harus dijalankan komputer.

chip processor

chip processor

Bagian-bagian processor

Unit Control, adalah unit utama dari sebuah processor yang mengontrol program dan kinerja semua bagian processor.

Register, adalah sebuah memori kecil dengan kecepatan yang sangat tinggi yang digunakan untuk menyimpan data sementara yang sedang diproses.

ALU, adalah unit yang melakukan penghitungan aritmatika dasar dan operasi logika boolean. Jadi ALU dibagi menjadi dua unit yaitu unit aritmatika dan unit boolean. ALU juga berfungsi mengambil keputusan terhadap operasi logika yang diproses.

CPU interconenction (BUS), adalah sistem koneksi yang menghubungkan begian-bagian dalam CPU dan juga koneksi CPU keluar seperti ke RAM, perangkat input-output dan ke Slot ekspansi (PCI)

Kecepatan processor

Dalam processor dikenal istilah frekuensi , yaitu kecepatan clock sebuah processor untuk mengerjakan perintah program dalam satu detik. Satuan frekuensi dinyatakan dalam Herts (Hz), contoh: MHz, GHz.

Misal sebuah processor intel pentium 4 dengan frekuensi clock 2 Ghz mampu mengerjakan 2 milyar perintah dalam satu detik. Dalam menyebut sebuah processor biasanya sudah termasuk frekuensi clocknya, contoh : intel pentium4 2.0 GHz.

Karena processor adalah otak dari komputer maka semakin tinggi frekuensi clock sebuah processor semakin cepat kinerja sebuah processor. Dengan kata lain processor semakin tinggi berarti semakin pintar dan cepat dalam menjalankan setiap program pada komputer.

Kipas Pendingin Processor(FAN / Cooler )

Processor komputer bekerja terus menerus mulai dari saat komputer dihidupkan sampai komputer dimatikan lagi. Oleh karena itu processor menjadi panas dan semakin panas jika dipakai dalam waktu yang lama terutama saat menjalankan program yang berat khususnya pada program aplikasi grafis.

kipas processor

kipas processor

Untuk mengatasi hal itu kini semua processor selalu dilengkapi dengan sebuah unit pendingin. Beberapa teknik pendingin bisa dipakai namun yang paling banyak dipakai adalah pendingin dengan sistem kipas pendingin. Pada sistem ini processor ditempelkan ke sebuah logam (biasanya alumunium) lalu pada logam tersebut ditempel sebuah kipas untuk membuang suhu panas.

Fan – Cooler processor

Selain itu pada beberapa komputer gamer dipergunakan pendingin dengan sistem radiator menggunakan zat cair seperti pada radiator mobil. Sistem pendingin ini memang bagus dalam menjaga suhu komputer namun agak ribet dan mahal.

Silikon pasta

Satu lagi yang penting adalah silikon pasta yang merupakan penyalur panas dari processor ke logam pendingin. Dengan menambahkan silikon paste, maka suhu komputer dapat diturunkan sampai beberapa derajat. Hal ini tentunya mempengaruhi kerja processor, karena semakin panas maka processor menjadi semakin lambat, jadi jika suhu dapat dijaga dikisaran 30 derajat celcius maka akan didapat kinerja processor yang optimal.



Tulis Komentar