_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/06/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/06/05/bayi-jarang-bab-dan-sering-kentut-bahaya-tidak/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/06/05/bayi-jarang-bab-dan-sering-kentut-bahaya-tidak/bayi-jarang-bab-sering-kentut/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2016/04/25/199450/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=199979"}}_ap_ufee

Manfaat Mendengarkan Musik



Musik memang bukan hanya sebagai hiburan saja, tetapi tanpa disadari alunan musik dapat membuat kita akan semakin konsentrasi dan memerikan perubahan suasana hati, disini kita akan membahas tentang Manfaat mendengarkan musik yang baik bagi kesehatan. Sebuah studi mengatakan bahwa  terdapat suatu hubungan kausal antara inti otak dengan musik yang bisa bereaksi terhadap rangsangan seperti makanan, cahaya, maupun seks. Hal tersebut telah di lansir oleh Dr. Victoria Williamson , seorang dosen psikologi dari universitas Goldsmith College London.

Berikut ini adalah manfaat-manfaat yang telah dilansir yang berhubungan antara musik dengan kesehatan.

Manfaat mendengarkan musik

1. Meningkatkat Mood (suasana hati)

Mendengarkan musik yang anda sukai atau yang anda favoritkan bisa memcairkan suasana hati yang buruk. Memang reaksi setiap orang mendengarkan musik berbeda-beda. Tetapi penelitian di Kanada telah menunjukkan bahwa mendengarkan musik favorit anda bisa membuat anda lebih baik dari gelisah-gelisah yang ada pada diri anda.

Sebuah penelitian dari McGill University Montreal menunjukkan bahwa saat mendengarkan musik, dapat memicu pelepasan hormon dopamin. “Otak begitu rumit dalam membuat perasaan menjadi senang, sungguh tidak mengherankan bahwa penelitian menunjukkan bahwa pelepasan hormon dopamin berhubungan dengan rasa senang”.

2. Fokus

Banyak sekali bukti bahwa mendengarkan musik dapat meningkatkan kefokusan kita. Ada orang yang belajar ia bisa berkonsentrasi dengan mendengarkan musik dan ada juga yang tidak. Hal ini bergantung kepada orang-orang tersebut.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat mendengarkan musik selanjutnya yaitu dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Mendengarkan musik memang bisa membuat anda bisa berlari dengan cepat, hal ini tergantung dengan jenis musik yang kita dengarkan, jika kita mendengarkan musik yang irama nya cepat maka jantung kita juga akan berdegup cepat dan bisa berlari kencang. Sebuah penelitian di London mengatakan bahwa manfaat mendengarkan musik lainnya yaitu dapat meningkatkan daya tahan tubuh sebesar 15%, serta meningkatkat semangat 1-2%.

4. Kesehatan Mental dan Meredakan Stress

Manfaat mendengarkan musik yang ke empat adalah kesehatan mental dan meredakan stress. Sebuah riset pada tahun 2011 dari sebuah lembaga kesehatan mental menunjukkan bahwa hampir dari 1/3 orang yang mendengarkan musik dapat memberikan semangat untuk bekerja. 1 dari 4 orang juga mengaku manfaat mendengarkan musik lainnya yaitu dapat meredakan stress dalam perjalanan. Musik memang pengobatan yang sangat baik bagi orang-orang yang bermasalah dengan kesehatan mental karena dapat memicu otak untuk berfikir lebih baik dan tubuh yang akan relaksasi.

5. Perawatan Bagi Pasien

Musik memang sangat banyak sekali manfaatnya. Manfaat mendengarkan musik yang terakhir yaitu perawatan bagi pasien. Maksudnya yaitu musik membawa dampa positif bagi pasien-pasien yang mempunyai penyakit jangka panjang seperti kanker, jantung, maupun yang lainnya.

Banyak percoabaan-percobaan yang telah dilakukan, musik dapat membantu menurunkan detak jatung dan juga dapat menaikkan adrenaline. Ini juga tergantung pada jenis musik yang akan di dengarkan.

Dr. Williamson mengatakan bahwa “Musik sangat berguna bagi seseorang dimana ia sedang kehilangan kontrol diri”.

Demikianlah manfaat mendengarkan musik yang telah kita baca bersama-sama. Semoga artikel tentang manfaat mendengarkan musik ini dapat bermanfaat bagi kita untuk menambah wawasan dan ilmu.



Tulis Komentar