_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/08/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/resep-mp-asi-ubi-untuk-bayi-usia-6-bulan/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/08/26/tempat-wisata-kuliner-jakarta-populer/restoran-jemahdi-seafood/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2017/08/15/200581/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Wp_quiz":"https://lifeblogid.com/wp_quiz/can-you-name-the-leo-dicaprio-movie-by-an-image/","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=201108"}}_ap_ufee

Pengertian Medrep, Apa itu Medrep?



Anda mungkin pernah mendengar istilah MEDREP namun belum tahu apa pengertian medrep itu. Kalau bagi anda yang berkecimpung di bidang medis seperti dokter, apoteker, perawat dan di farmasi pasti tidak asing dengan istilah medrep ini.

Pengertian Medrep

MedRep adalah singkatan dari Medical Representative, atau yang lebih dikenal dengan sebutan detiler, merupakan sebuah pekerjaan yang bergerak di departemen marketing perusahaan farmasi. Tugasnya sebagaimana suatu tim promosi yang mempromosikan obat – obatan ethical, yaitu obat yang diresepkan dokter dan tidak dijual bebas. Lain halnya dengan salesman, Med-rep bekerja dengan cara yang sedikit unik yaitu dengan cara mempromosikan obat kepada dokter-dokter dengan brosur nama paten dari obat yang diproduksi oleh perusahaan farmasi di mana dia bekerja, dan membujuk dokter untuk meresepkan obat-obatan tersebut sesuai dengan indikasinya.

Medrep tidak membawa obat-obatan secara langsung seperti salesman kanvaser, karena itu melanggar aturan. Di Indonesia sendiri ada lebih dari 200 perusahaan farmasi, baik PMA maupun PMDN, dan dikarenakan obat-obatan ethical tidak boleh diiklankan melalui media cetak, suara, maupun juga televisi, maka perusahaan farmasi membutuhkan tim promosi sendiri untuk mempromosikan obat-obat yang diproduksi secara paten, agar memudahkan dokter dan tenaga medis yang berwenang menangani pasien mendapat informasi lengkap mengenai nama paten, indikasi, dosis, kontra indikasi, efek samping, dan semua yang berhubungan dari suatu obat tertentu.

pengertian medrep

medrep bekerja dengan mempromosikan obat-obatan kepada dokter

Medrep juga membantu dokter memperoleh informasi perkembangan terbaru dari obat-obatan yang terus berkembang dalam dunia kesehatan, yang mungkin belum diketahui oleh dokter dalam pendidikan nya sebelumnya. Khususnya dokter-dokter di daerah terpencil yang jarang mengikuti seminar-seminar mengenai perkembangan terbaru dalam dunia kedokteran.

Jika anda masih belum paham pengertian medrep, cobalah anda perhatikan jika Anda berobat mengunjungi dokter, atau misalnya anda melihat-lihat di tempat praktek dokter atau di rumah sakit. Biasanya Anda akan dapat melihat beberapa orang yang menunggu dokter di ruang tunggu pasien, tapi orang-orang tersebut tidak terlihat sedang sakit, malah pakaiannya rapi-rapi dengan kemeja dan sepatu rapi, dan biasanya mereka membawa tas kerja. Merekalah yang disebut Medrep.

Bagaimana medrep bekerja

Para medrep memiliki daerah kerja yang telah diatur oleh perusahaan, jadi tidak boleh bekerja di luar daerah kekuasaannya, karena bisa ribut bahkan sampai berkelahi dengan rekan satu tim nya jika tetap nekad bekerja di luar area kerjanya, kecuali jika ada perjanjian terlebih dahulu atau dokter yang dikunjungi prakteknya di beberapa tempat.

Seperti layaknya sebuah perusahaan, medrep dikoordinir menjadi satu tim yang dipimpin oleh seorang supervisor, lalu beberapa tim akan dikoordinir juga menjadi sebuah tim yang lebih besar lagi dan dipimpin oleh seorang manager, dan seterusnya. Tim promosi ini (Medrep) juga diberikan target penjualan, dia harus dapat memenuhi omset yang diinginkan oleh perusahaan.

Jam kerjanya biasanya tidak ditentukan, dalam artian tidak seperti orang kantoran yang bekerja katakanlah dari jam 08.00 hingga jam 17.00. Med-rep bekerja dari pagi hingga larut malam karena pagi hari masuk kantor untuk mengerjakan administrasi dan melakukan rapat singkat untuk membahas persoalan ataupun juga keberhasilan yang telah dialaminya dengan atasan dan rekan-rekan satu timnya.

Di Indonesia sendiri, salari yang diperoleh medrep bisa dikatakan lumayan, karena mendapatkan salari tiap bulan, yang besarnya bervariasi sesuai dengan masa kerja, jabatan, dan UMR di mana dia bekerja, lalu juga mendapatkan tunjangan kost bagi yang asalnya dari luar kota di mana ia dipekerjakan, mendapatkan tunjangan transportasi, dan juga komisi atas penjualan yang dihasilkannya. Jika dibandingkan dengan pekerjaan administrasi atau pula salesman biasa, biasanya medrep income nya lebih tinggi, tergantung juga dari perusahaan dimana ia bekerja apakah cukup besar, atau sedang-sedang saja.



Leave a Reply