_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/05/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/05/20/ketahui-penyebab-bayi-muntah-setelah-minum-asi/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/ibu-hamil/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2016/04/25/199450/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=199979"}}_ap_ufee

Mengenal Listrik

SUMBER LISTRIK

Dalam kehidupan sehari-hari kita dapat mengenla dua macam arus listrik, yaitu arus listrik searah tau DC (Direct Current) dan arus bolak-balik atau AC (Alternaing Current). Sumber yang menghasilkan arus searah adalah akumulator (aki) dan batu baterai (baterai kering), sedangkan sumber yang menghasilkan arus bolak-balik adalah generator AC  dan jaringan PLN.

Listrik Arus Searah (DC)

Listrik arus searah adalah aliran arus liatrik yang konstan dari potensial tinggi ke potensial rendah. Pada umumnya ini terjadi dalam sebuah konduktor(seperti kabel), tetapi bisa juga terjadi dalam semikonduktor, isolator, atau juga vakumseperti halnya pancaran elektron atau pancaran ion. Sumber arus listrik searah yang biasa kita kenal adalah batu baterai dan akumulator.

a. Batu baterai

Dalam dunia listrik, Batu baterai bekerja berdasarkan prinsip kimia. Terdiri dari dua kutub, yaitu kutub positif berupa batang granit berbentuk granit berbentuk silinder yang ditempatkan di tengah baterai secara melintang, dan  kutub negatif berupa bagian menonjol keluar yang tertutub kuningan. Kutub baterai negatif adalah tabunga seng yang merupakan pembungkus (casing) baterai yang terletak di bagian bawah sisi tabung. Isi tabung diisi dengan bahan isolasi lain. Bahan elektrolit dari baterai kering berupa bubur salmiak untuk menjadi  perantara kutub positif setelah terjadi proses kimia adalah batu kawi yang dimasukkan dalam sebuah kantong mengelilingi arang. Tegangan pada baterai biasanya 1.5 volt, 4.5 volt dan 9 volt. Baterai ini banyak digunakan untuk radio, tape recorder, senter, mainan anak-anak, jam dan remote TV.

b.  Akumulator

Akumulator (aku, accu) adalah sebuah alat yang dapat menyimpan energi (umumnya energi listrik) dalam bentuk energi kimia. Ada dua jenis aki yang ada dipasaran , yakni;

  • Aki basah

Bekerja berdasarkan reaksi kimia. Energi yang tersimpan dikeluarkan dalam bentuk energi listrik, dilakukan secara berulang-ulang. Berdasarkan konstruksinya, aki basah mengandung timah dan lead ferokside sebagai bahan dasar. Aki basah terdiri dari tiga elemen utama, yaitu pelat positif, pelat negatif, dan fanel separator (pemisah dua lead). Ketiga elemen tersebut diletakkan dalam cairan elektrolit tersebut diletakkan dalam cairan elektrolit (sulfuric acid) dalam satu sel.

  • Aki kering

Pada aki jenis ini, larutan elektrolit sengaja dikeluarkan agar bagian dalam aki menjadi kering. Akibatnya timbul kevacuman setelah disetrum oleh pabrik pembuatnya. Aki kering tidak memerlukan pengisian ulang dan bisa dipakai selama lima tahun.

Simbol dari penyambungan arus searah dan sistem penyambungan dapat dilihat pada gambar ini. Untuk sambungan seri, tegangan yang didapatkan menajdi lebih besar, sedangkan sambungan paralel, arus yang didapatkan menjadi lebih besar.

Rumus tegangan total apabila sambungan pada baterai disambungkan secara seri,

Et=n.E

Keterangan :

Et = gaya gerak listrik (tegangan) total (volt)

n = jumlah baterai kering (buah)

E = gaya gerak listrik (tegangan) masing-masing baterai (volt)

Jika disambungkan paralel,

Et=E

Listrik Arus Bolak-Balik (AC)

Listrik arus bolak-balik adalah arus listrik yang besar dan arahnya arus berubah-ubah secara bolak-balik. Bentuk gelombang dari listrik arus bolak-balik biasanya berbentuk gelombang sinusoidal, memungkinkan pengaliran energi yang paling efisien. Namun, dalam aplikasi-aplikasi spesifik yang lain, bentuk gelombang lain pun dapat digunakan, misalnya bentuk gelombang segitiga (triangular wave) atau bentuk gelombang segi empat (square wave).

Secara umum, listrik bolak-balik berarti penyaluran listrik dari sumbernya (misalnya PLN) ke kantor-kantor atau rumah-rumah penduduk. Namun, ada pula contoh lain seperti sinyal-sinyal radio atau audio yang disalurkan melalui kabel, yang juga merupakan listrik arus bolak-balik. Hampir sebagian besar peralatan elektronika menggunakan arus listrik AC dengan sumber daya listrik 220 volt/50 Hz dari PLN. Di dalam aplikasi-aplikasi ini, tujuan utama yang paling penting adalah pengambilan informasi yang termodulasi atau terkode di dalam sinyal arus bolak-balik tersebut. Demikianlah konsep atau cara dasar kita dalam mengenal listrik.



Tags:

Tulis Komentar