_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"lifeblogid.com","urls":{"Home":"https://lifeblogid.com","Category":"https://lifeblogid.com/category/pengetahuan/agama/","Archive":"https://lifeblogid.com/2017/06/","Post":"https://lifeblogid.com/2017/06/05/bayi-jarang-bab-dan-sering-kentut-bahaya-tidak/","Page":"https://lifeblogid.com/kuppee-japanese-quality-international-specifications/","Attachment":"https://lifeblogid.com/2017/06/05/bayi-jarang-bab-dan-sering-kentut-bahaya-tidak/bayi-jarang-bab-sering-kentut/","Nav_menu_item":"https://lifeblogid.com/2016/04/25/199450/","Mts_ad":"https://lifeblogid.com/?mts_ad=199934","Feedback":"https://lifeblogid.com/?post_type=feedback&p=199979"}}_ap_ufee

Beragam Manfaat Daun Sirih



Apakah anda tahu manfaat daun sirih? ulasan dibawah ini memberikan pengetahuan tentang manfaat daun sirih  dan khasiatnya bagi tubuh kita. Nama Latin daun sirih adalah Piper Betle L yang didalamnya mempunyai kandungan minyak atrisi. Manfaat dari daun sirih ini sangatlah banyak sekali.

Beragam Manfaat Daun Sirih

Sebagai contoh adalah untuk mengatasi bau mulut, badan, sariawan, mimisan, gatal-gatal serta koreng. Manfaat daun sirih bagi wanita juga ada, yaitu mengobati keputihan. Daun sirih mempunyai zat antiseptik yang dapat membantu membunuh kuman-kuman. Kandungan fenol dalam daun sirih 5x lebih efektif di bandingkan dengan fenol biasa.

manfaat daun sirih

Sifat yang hangat serta pedas yang terkandung pada daun sirih sangat dikenal oleh masyarakat-masyarakat. Banyak pengobatan tradisional yang menggunakan daun sirih ini karena manfaat daun sirih ini sangat berguna dalam pengobatan tradisional. Pengobatan tradisional tersebut adalah untuk pengurangan radang tenggorokan, menghentikan batuk, meluruhkan kentut, serta menghilangkan gatal. Di India, pengobatan dengan daun sirih ini dikenal dengan sebutan zat aromatik yang sangat menghangatkan, meningkatkan gairah seks, dan sebagai antiseptik.

Adanya sifat antiseptik ini dapat menyembuhkan luka-luka dan kandungan styptic yang ada untuk membantu menahan pendarahan dan vulnerary yang dapat membantu penyembuhan luka pada kulit. Daun sirih juga di gunakan sebagai memperbaiki suara untuk seorang penyanyi.

Hasil penelitian yang dikutip pada buku tanaman obat mengungkapkan bahwa sirih juga mengandung zat arecoline pada setiap bagian tanaman. Manfaat zat arecoline ini adalah untuk merangsang saraf pusat dan daya pikir, serta meredam dengkuran. Zat lain yang terkandung pada daun sirih adalah dengan adanya kandungan euganol yang terdapat pada daunnya yang dapat mencegah ejakulasi dini, dan bersifat analgesik.

Manfaat daun sirih yang lain yaitu adanya kandungan tannin yang ada pada daun sirih yang dapat melindungi fungsi hati, mengurangi sekresi cairan pada vagina serta mencegah diare. Hasil pengujian klinis memberitahukan bahwa daun sirih juga dapat di gunakan sebagai mencegah keputihan yang diungkapkan oleh Syarif dari Bagian Farmakologi Universitas Indonesia (UI). Beliau mengatakan bahwa manfaat daun sirih yang lain  yaitu lebih bermakna dibandingkan dengan plasebo.

Demikianlah manfaat daun sirih yang sudah kita baca bersama-sama, semoga artikel tentang manfaat daun sirih ini dapat membantu anda dan menambah pengetahuan anda tentang macam-macam tanaman herbal dan kegunaannya.



Tulis Komentar