Manfaat Yodium, Thyroxin dan Kelenjar Gondok

Banyak hal yang dapat terjadi jika yodium dalam tubuh hilang keseimbangannya. Seperti halnya mineral lainnya, yodium terdapat dalam makanan yang kita makan. Dari saluran pencernaan, yodium itu masuk ke dalam aliran darah dan segera diterima oleh kelenjar gondok. Kelenjar gondok ialah suatu kelenjar yang agak besar yang terdapat pada leher depan bagian bawah, persis dibawah lekum atau Pomum Adami.




Di situlah yodium diubah menjadi thyroxin, yaitu suatu hormon yang kuat dengan banyak fungsi penting hormon yang kuat dengan banyak fungsi penting di seluruh tubuh. Thyroxin mengatur semua aktivitas bermacam-macam alat tubuh, mengontrol cepatnya pertumbuhan seseorang, bahkan mempengaruhi lamanya seseorang hidup. Orang yang kekurangan thyroxin mudah merasa dingin, sebaliknya orang yang kelebihan thyroxin akan merasa terlalu panas.

Penyakit akibat kekurangan yodium

Kelenjar gondok juga mengontrol keadaan kulit. Bila seseorang kekurangan hormon yang diproduksikannya, kelopak matanya menjadi kembung dan mukanya tampak suram dan lesu. Rambutnya kasar, kering dan kaku, dan lidahnya bengkak, suaranya parau dan tidak terang. Seorang anak kecil yang kelenjar gondoknya tidak beres mungkin menjadi cebol dengan air muka yang kasar, bibir tebal, hidung penyek, dan lidah yang menonjol, keadaan ini dinamakan cretinism atau kretinisme. Penyakit itu disebabkan oleh kekurangan yodium di dalam makanan ibu selama dalam kandungan.

garam beryodium

garam beryodium




Ada pula penyakit hypothyreodisme yang mungkin dialami oleh usia yang lebih lanjut, dan juga setelah kelenjar gondok dikeluarkan semuanya. Pasien seperti itu harus mengambil cukup yodium tiap hari selama sisa umur hidupnya.

Sumber yodium

Mencegah penyakit gondok sangat mudah, karena garam yang mengandung yodium mudah diperoleh dimana-mana. Sumber lain untuk yodium termasuk makanan laut, dan semua sayur-sayuran yang tumbuh dekat pantai. Yodium tambahan juga dibutuhkan pada masa pertumbuhan semasa anak-anak dan remaja dan selama mengandung.

Tulis Komentar