Cara Membuat Folder Super Hidden

Biasanya jika kita memberi atribut hidden pada folder masih bisa dilihat oleh orang lain dengan memberi tanda cek pada ‘show hidden files and folder’ di menu folder options.




Untuk menyembunyikan folder dan file yang anda anggap sangat penting dan sangat pribadi. Ada sedikit trik bagi yang suka privacy dengan menggunakan bahasa pemrograman DOS (Command Prompt) maka kita dapat membuat folder yang ‘super hidden’ seperti folder yang terdapat dalam folder special windows.

Yang pertama klik start – run, ketikkan cmd maka kita akan masuk pada command prompt.
Cari direktori dimana folder atau file yang hendak kita sembunyikan berada. misalnya folder pribadi saya bernama “rahasia” terletak pada D:dokument
maka hal pertama yang harus anda lakukan adalah pindah drive dari drive “C” ke drive “D” dengan mengetik “D:” tanpa tanda petik kemudian tekan enter. Maka kita akan masuk ke dalam drive D. Untuk masuk ke direktori dokument ketikkan “cd” diikuti nama folder dalam hal ini menjadi “cd dokument” lalu enter selanjutnya kita akan berada pada drive d direktori dokument.

Untuk meng-hidden folder rahasia ketikan “attrib +s +h rahasia” lalu enter.
Sekarang folder rahasia anda sudah menghilang.
Sekarang coba ke menu “tools-folder options-view” kemudian beri tanda pada “Show hidden files and folders”, folder tetap tidak terlihat.




membuat folder super hidden

membuat folder super hidden

Untuk mengembalikan ke semula cukup mengganti simbol “+” menjadi “-” . menjadi “attrib attrib -s -h rahasia” maka folder kembali terlihat.

Tulis Komentar