Keamanan Hardware dalam Jaringan

Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya.




Definisi yang ada memberi makna bahwa komputer memiliki lebih dari satu bagian yang saling bekerja sama, dan bagian-bagain itu baru bisa bekerja kalau ada aliran listrik yang mengalir didalamnya. Istilah mengenai sekelompok mesin, ataupun istilah mengenai jutaan komponen kemudian dikenal sebagai hardware komputer atau perangkat keras komputer.

Keamanan Fisik

Keamanan secara fisik umumnya diberikan pada komputer server. Tetapi tidak menutup kemungkinan juga diterapkan pada komputer client/workstation. Misalnya diberikan ruang khusus dengan kondisi ruang yang terjaga (misalnya suhunya atau temperatur, kelembabannya, penerangan, dll), penerapan sistem keamanan (dengan sensor gerak, sensor cahaya, dll), sistem pemadam kebakaran yang canggih (Bukan dengan air, karena dapat mengakibatkan korslet. Tetapi dengan memvakumkan atau menghampa-udarakan ruangan).

suatu jaringan komputer juga membutuhkan kemanan pada hardwarenya

suatu jaringan komputer juga membutuhkan kemanan pada hardwarenya




Dalam membentuk suatu jaringan yang bersifat LAN ataupun WAN, kita membutuhkan media baik hardware maupun software.

Beberapa media hardware dalam membangun suatu jaringan:

1.Kabel
Dalam jaringan komputer kabel adalah media penghubung utama, karena kabel merupakan media transfer antar PC. Sedangkan kabel ternagi menjadi 3 jenis yaitu:
a)Co-axial
b)UTP
c)FDDI

2.Kartu Jaringan
Kartu jaringan adalah salah satu interface yang memegang peranan besar dalam sisitem komunikiasi jaringan karena kartu jaringan inilah yang menentukan kecepatan maksimum transmisi data antar titik.

3.Hub
Hub atau konsetrator atau lebih berfungsi sebagai media antar koneksi yang jauh, media pengumpul semua koneksi antar PC untuk kemudian di sambungkan satu sama lain. Keuntungan dari menggunakan Hub adalah fleksibilitas yang di miliki sehingga tiap clien bias di tambahkan setiap waktu tanpa mengganggu jaringan yang sedang beroperasi.

Tulis Komentar