Cara Membersihkan Karburator

Cara Membersihkan Karburator  bagi anda pecinta tentu tidak sulit, karena merupkan hal yang wajib dilakukan pada kendaraan bermotor. Karburator merupakan alat yang berfungsi untuk mencampurkan udara dengan bahan bakar sehingga bisa homogen, Karburator juga berfungsi sebagai alat yang mengatur jumlah bahan bakar yang dibutuhkan oleh mesin. Karena peranya yang sangat vital, maka keadaan karburator yang sehat atau fit sangat dibutuhkan untuk mendapatkan performa Kendaraan yang Prima.




Karena peranya yang cukup sentral pada performa mesin, maka karburator membutuhkan perawatan secara berkala. Resiko yang bisa kita terima jika Karburator jarang mendapatkan perawatan secara rutin seperti mesin menjadi kurang bertenaga, mesin macet atau kemungkinan terburuk adalah kendaraan mogok saat sedang melakukan perjalanan. Tentu, anda sebagai pemilik kendaraan tidak mau dipusingkan dengan masalah tersebut.

Oleh sebab itu, untuk anda para pecinta Otomotif danjurkan untuk memeriksa Karburator kendaraan anda setiap 3 bulan sekali. Mungkin bagi anda hal ini selalu berhubungan dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk perawatan karburator. Sebenarnya hal tersebut bisa kita hindari dengan cara membersihkan secara mandiri di rumah.

Cara Membersihkan Karburator

  • Membersihkan Filter Udara, Pertama lepas baut yang mengikat Filter Udara dengan Mulut Karburator. Kemudian buka penutup Filter Udara dan keluarkan Busa penyaring. Selanjutnya bersihkan Busa dengan cairan pembersih dan diamkan sampai kering, jangan membersihkan Busa filter dengan menggunakan udara bertekanan, karena cara ini dapat merusak kerapatan pori-pori busa.
  • Membersihkan Karburator, Membersihkan Karburator dapat dilakukan dengan cara melepas baut pengikat, tutup Karburator, katup Cuk (Choke) dan Keran Bensin. Kemudian lepas komponen-komponen kecil pada Karburator lalu tempatkan pada tempat yang bersih berisi cairan Pembersih, biasanya menggunakan bensin. Ingat, pada saat melepas komponen-komponen tersebut gunakanlah kunci yang sesuai agar komponen-komponen tersebut tidak aus atau dol. Selanjutnya lepas mangkok Karburator, Pelampung dan Jarum Pelampung, Main jet, Pilot jet dan bagian lainya. Khusus untuk komponen yang kecil juga seal karet, tempatkan pada wadah khusus agar mudah mencari pada saat akan di pasang. Jika sudah terlepas semua, lanjutkan denga  membersihkan komponen tersebut dengan cairan pembersih, lalu semprot dengan udara bertekanan tinggi. Gunakan amplas untuk membersihkan puyer dan jangan terlalu memberikan tekanan pada saat mengamplas karena dapat mengubah diameter spuyer. Jika komponen tersebut sudah kering , pasang dengan menggunakan obeng yang sesuai.
  • Menyetel Tinggi Pelampung, hal ini wajib dilakukan agar pasokan bahan bakar yang akan di karburasikan  tidak berlebih atau kurang.
  • Merakit Karburator, pada langkah terakhir ini pasang kembali bagian-bagian Karburator sesuai keadaan pada saat sebelum dibongkar, lakukan pemasangan dengan alau alat yang sesuai. Pasang kembali Karburator ke lubang Intake mesin dan pasang kembali Filter udara yang tadi dilepas. Selanjutnya setel sepuyer angin sambil kendaraan dihidupkan, setel sampai putaran mesin langsam agar sirkulasi oli di dalam mesin lancar.
cara membersihkan karburator

cara membersihkan karburator




Selamat mencoba tips di atas, semoga karburator kendaraan anda dapat bekerja dengan baik. Disarankan jika anda belum mengerti cara membersihkan karburator namun karburator kendaraan anda sudah terlalu kotor dan tidak mampu bekerja dengan baik, segera bawa ke bengkel ahli terdekat.

Tulis Komentar