Pengertian HTTP dan HTTPS

Istilah HTTP atau HTTPS sering kita dapat pada address bar di browser. Keduanya biasa digunakan dalam penulisan sebuah alamat web.




Pengertian HTTP

HTTP adalah kependekan dari Hipert Text Transfer Protokol. Yaitu sebuah sistem komunikasi yang menghubungkan antara server dan kline. Sebuah sistem yang memungkinkan antara server dan klien bisa saling bertukar data atau informasi. HTTP adalah format standar yang umum digunakan dalam mengakses sebuah halaman web.

Server adalah tempat dimana tersimpan sebuah kode web yang akan dipanggil oleh klien sedangkan klien adalah yang akan memanggil kode web yang kemudian akan dimunculkan dalam halaman HTML. Klien tidak lain adalah browser yang anda pakai ketika mengakses sebuah halaman web.

penggunaan HTTPS pada web

penggunaan HTTPS pada web




Pengertian HTTPS

Selain format standar HTTP, ada juga format penulisan yang tidak umum atau jarang digunakan atau bahkan sedikit orang yang mengetahuinya yaitu HTTPS.

HTTPS adalah penggabungan antara Hypertext Transfer Protocol (HTTP) dengan SSL / TLS protokol. Semua komunikasi yang dilakukan melalui HTTPS akan dienkripsi dengan tujuan untuk keamanan saat terjadi transaksi data di internet.

Biasanya para hacker yang biasa menggunakan tool WireShak sangat mudah untuk mencuri data dari klien yang terhubung ke internet dengan menggunakan HTTP, tapi akan sulit sekali menangkap data yang terhubung dengan menggunakan HTTPS.

Koneksi internet dengan menggunakan HTTPS lebih aman dibandingkan menggunakan HTTP. Untuk itu banyak perbankan yang membangun layanan onlinenya dengan menggunakan format HTTPS. Hal ini bertujuan untuk menjamin keamanan para nasabah ketika melakukan transaksi online. Jdi bagi anda yang akan bertransaksi

Tulis Komentar