Perbedaan RAM ECC dan RAM Non ECC

Pengertian ECC Memory: ECC (Error-correcting code) Memory adalah type RAM yang dapat mendeteksi dan mem-perbaiki error / kesalahan yang terjadi pada memory internal karena adanya data yang corrupt saat system sedang beroperasi.




Pada komputer yang memakai RAM non-ECC, ketika terdapat bit data yang corupt pada memory dan selanjutnya bit tersebut tereksekusi, maka system akan mengalami blue screen of death (BSOD). Akibatnya jika terjadi pada komputer server, maka server akan down.

Lain halnya dengan RAM yang sudah menggunakan ECC Memory, yang akan mendeteksi bit yang corupt dan memperbaikinya sehingga BSOD tidak akan terjadi. Pada setiap 8-bit data dalam RAM, terdapat tambahan bit data lagi yang memang sengaja digunakan untuk melakukan error checking dan melakukan error correction, itulah salah satu keunggulan ECC Memory pada RAM.

blue screen terjadi pada komputer yang menggunakan RAM Non ECC

blue screen terjadi pada komputer yang menggunakan RAM Non ECC




RAM jenis ECC memory biasanya tersedia untuk Server karena hanya beberapa motherboard dan processor khusus server yang mensupport penggunaan technology ECC memory ini.

Perbedaan RAM ECC dan RAM Non ECC

Untuk membedakan RAM ECC dan non-ECC dapat dilakukan dengan menghitung jumlah chip memory yang berwarna hitam pada setiap modul RAM. ECC memory memiliki jumlah chip yang habis dibagi tiga atau lima.

perbedaan RAM ECC dan RAM Non ECC

perbedaan RAM ECC dan RAM Non ECC

PC biasa belum bisa menggunakan teknologi ini, disamping penggunaannya harus didukung oleh motherboard dan processor yang sesuai, juga harganya yang cukup mahal, sekitar 2x harga ram biasa (non-ECC) serta menggunakan RAM ECC Memory ini, menurunkan kinerja system sekitar 2 persen. Tetapi, teknologi yang ada saat ini sudah sangat stabil, sehingga kesalahan memori jarang sekali terjadi.

Teknologi Error-correcting code atau ECC Memory ini memang dikhususkan untuk server yang membutuhkan stabilitas yang tinggi. RAM ECC Memory juga memiliki sebuah register. Register berfungsi untuk meningkatkan performa RAM dalam menangani transfer data skala besar yang umum digunakan pada server. Modul ECC Register biasanya memiliki sebuah IC tambahan dengan posisi horizontal (melintang) pada PCB (Printed Circuit Board)-nya. IC ini berfungsi sebagai register, yaitu menahan satu clock-cycle data sebelum dikirimkan ke Motherboard. Itulah sedikit penjelasan tentang ECC Memory.

Tulis Komentar