Manfaat Vitamin E

Vitamin E erat hubungannya dengan fungsi perkembangbiakan tubuh. Vitamin inipun mempengaruhi otot-otot dan mungkin jantung juga.




Manfaat Vitamin E

Vitamin E berperan penting menjaga kelancaran sistem reproduksi, saraf, dan otot-otot tubuh agar bekerja sempurna. Fungsi lainnya mencegah stroke dan serangan jantung karena vitamin ini dapat membentuk sel darah normal, mengurangi dan mencegah penggumpalan darah.

Makanan apa yang mengandung vitamin E

Kacang-kacangan terutama almond, biji bunga matahari, semua jenis roti dan gandum, pasta, bayam, alpukat, dan minyak zaitun.

manfaat vitamin e

kelebihan vitamin e dapat menyebabkan tulang keropos




Kelebihan Vitamin E

Vitamin E tidak berbahaya selama kita mengonsumsi dalam dosis yang tepat. Dosis yang terlalu tinggi justru dapat “memperkurus” sel-sel darah kita. Konsultasikan dahulu dengan dokter atau ahli gizi kalau kita ragu-ragu akan takaran yang cocok bagi tubuh kita. Hentikan mengonsumsi vitamin E sebelum menjalani operasi apapun. Kontak juga dokter atau ahli gizi atau ahli kesehatan mengenai konsumsi vitamin E bagi mereka yang mengidap kanker, mengkonsumsi obatobatan herba, ataupun suplemen yang lain. Vitamin E juga dilarang bagi ibu-ibu selama masa kehamilan dan menyusui, kecuali atas anjuran dari dokter atau ahli gizi.

Riset terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Nature Medicine, menunjukkan bahwa alfa-tokoferol, salah satu bentuk paling umum dari vitamin E, dapat memengaruhi kekuatan tulang. Sebuah eksperimen menunjukkan bahwa pemberian alfa-tokoferol vitamin E pada tikus dengan dosis yang setara pada manusia, dapat menyebabkan tulang menipis sekitar seperlima hanya dalam waktu dua bulan.

Tulis Komentar