Konsep Teknologi Informasi

Defininisi Teknologi Informasi




Teknologi informasi dilihat dari kata penyusunan terdiri dari 2 kata yaitu teknologi dan informasi, ada beberapa definisi teknologi yaitu :

  1. Penerapan keilmuan yang mempelajari dan mengembangkan kemapuan dari suatu rekayasa dengan langkah dan teknik tertentu dalam suatu bidang.
  2. Aplikasi ilmu dan enginering untuk mengembangkan mesin dan prosedur agar memperluas dan memperbaiki kondisi manusia, atau paling tidak memperbaiki efisiensi manusia pada beberapa aspek.

Sedangkan Informasi dapat didefinisikan sebagai berikut :

  1. Data yang disimpan, diproses, atau ditransmisikan
  2. Pengetahuan yang didapatkan dari pembelajaran, pengalaman, atau intruksi.
  3. Data yang sudah diolah menjadi suatu bentuk lain yang lebih berguna yaitu pengetahuan atau keterangan yang ditujukan bagi penerima dalam pengambilan keputusan, baik masa sekarang atau yang akan datang.

Jadi pengertian teknologi informasi itu adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian  informasi dari bagian pengirim ke penerima sehingga pengiriman informasi tersebut akan lebih cepat, lebih luas penyebarannya, dan lebih lama penyimpanannya.




Konsep Teknologi Informasi

Sejarah Teknologi Informasi

Pada awal sejarah, manusia bertukar informasi melalui bahasa. Tetapi bahasa yang disampaikan melaui mulut ke mulut hanya bertahan sebentar saja, yaitu hanya pada saat pengirim menyampaikan informasi melalui ucapannya itu. Selain itu jangkauan suara juga terbatas. Untuk jarak tertentu, meskipun masih terdengan, informasi yang disampaikan lewat bahasa suara akan terdegradasi bahkan hilang sama sekali.

Rentetan Sejarah Teknologi Informasi

Masa Pra-Sejarah(…sampai dengan 3000 SM)

Pada awalnya teknologi informasi yang dikembangkan manusia pada masa ini berfungsi sebagi system untuk pengenalan bentuk-bentuk yang mereka kenal, mereka menggambarkan informasi yang mereka dapatkan pada dinding-dinding gua, tentang berburu dan binatang buruannya.

Masa Sejarah (3000 s/d 1400-an M)

Pada masa ini Teknologi Informasi belum menjadi teknologi masal seperti yang kita kenal sekarang ini, teknologi informasi masih digunakan oleh kalangan-kalanan terbatas saja, digunakan pada saat-saat khusus dan mahal!

3000 SM

Untuk pertama kali tulisan digunakan oleh bangsa Sumeria dengan menggunakan simbol-simbol yang dibentuk dari pictografi sebagi huruf,. Simbol atau huruf-huruf ini juga mempunyai bentuk bunyi yang berbeda (penyebutan), sehingga mampu menjadi kata, kalimat dan bahasa.

Masa Sejarah (3000 SMs/d 1400-an M)

2900 SM

Pengguna huruf Hierogliph pada bangsa Mesir Kuno Hierogliph merupakan bahasa symbol dimana setiap ungkapan di wakili oleh symbol yang berbeda. Bentuk tukisan dan bahasa Hierogliph ini lebih maju dibandingkan dengan tulisan bangsa Sumeria.

500 SM

Serat Pepyrus digunakamn sebagai kertas. Kertas yang terbuat dari serat pohon papyrus yang tumbuh dsekitar sungai nil ini menjadi media menulis

105 M

Bangsa Cina menemukan kertas, kertas yang ditemukan oleh bangsa cina pada masa ini adalah kertas yang kita kenal sekarang.

Masa Modern (1400-an M s/d sekarang)

Tahun 1455

Mesin cetak yang menggunakan plat huruf yang terbuat dari besi yang bias di ganti-ganti dalam bingkai yang terbuat dari kayu dikembangkan untuk yang pertama kalinya oleh Johan Gutenberg.

Tahun 1830

Augusta Lady Byron Menulis program komputer yang pertama kali di dunia bekerjasama dengan Charles Babbage menggunakan mesin Analycal-nya. Yang didesain mampu memasukkan data, mengolah data dan menghasilkan data dan menghasilkan dalam bentuk keluaran dalam bentuk kartu. Mesin ini dikenal sebagai bentuk komputer digital yang pertama walaupun cara kerjanya lebih bersifat mekanis daripada bersifat digital.

Tahun 1837

Samuel Morse mengembangkan Telegraph dan bahasa kode morse bersama Sir William Cook dan Sir Charles Wheatstone yang dikirim secara elektronik antara 2 tempat yang berjauhan melalui kabel yang menghubungkan antara dua tempat tersebut.

Tahun 1899

Dipergunakan sistem penyimpanan di dalam tape (pita magnetic) yang pertama.

Tahun 1940

Dimulainya pengembangan Ilmu Pengetahuan dalam bidang Informasi pada masa perang dunia ke 2 yang berkepentingan untuk mengirim dan menerima dokumen-dokumen militer yang dalam bentuk pita magnetic.

Masa Modern (1400-an M s/d sekarang)

Tahun 1957

–          Jean Hoerini mengembangkan transistor Planar.

–          USSR (Rusia pada saat itu) meluncurkan sputnik sebagai satelit bumi buatan yang pertama sebagai tugas mata-mata.

Manfaat Teknologi Informasi

 1.      Penerapan Teknologi Informasi dalam Perusahaan

Penerapan Teknologi Informasi menyebabkan perubahan pada kebiasaan kerja. Misalnya penerapan Enterprice Resource Planning (ERP). ERP adalah salah satu aplikasi perangkat lunak yang mencakup sistem manajemen dalam perusahaan

2.      Penerapan Tekgnologi Informasi dalam Perbankan.

Dalam perbankan teknologi informasi adalah di tetapkan nya transaksi perbankan lewat dunia internet atau Internet Banking.

Dampak Positif dan Negatif Teknologi Informasi

Dampak positif:

  1. Internet sebagai media Komunikasi.
  2. Media pertukaran data, dengan menggunaka email, ftp dan www.
  3. Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat.
  4. Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga

Dampak Negatif:

  1. Pornografi
  2. Violence and Gore
  3. Penipuan
  4. Carding
  5. Perjudian

Tulis Komentar