Shortcut Windows XP pada Keyboard

Shortcut keyboard adalah cara yang bagus untuk mempercepat kerja Anda tanpa perlu memindahkan tangan anda dari keyboard. Berikut ini ada beberapa shortcut dasar yang perlu diketahui untuk mengurangi pemakaian mouse:




– Ctrl Alt Del
Merupakan induk dari segala shortcut keyboard, sering dikenal juga dengan julukan “penghormatan 3 jari” karena kegunaannya ketika kotak di Windows macet. Menekan serangkaian tombol itu sekali secara bersamaan akan mengaktifkan Windows Task Manager. Dimana dari ini, Anda bisa mengeluarkan secara paksa program yang sedang error, memeriksa performa komputer seperti seberapa berat CPU Anda sedang bekerja atau memeriksa penggunaan jaringan Anda.

– Ctrl S
Menyimpan file yang sedang Anda kerjakan. Jika Anda sering kehilangan hasil kerja seperti dokumen atau video yang sedang anda edit, sering-seringlah Anda menekan Ctrl S (bersamaan) untuk segera melakukan penyimpan data Anda.

– Ctrl O
Ingin membuka suatu file di program yang sedang Anda jalankan? Ctrl O pada umumnya akan membuka window File/OPEN




– Ctrl C meng-copy teks, file atau icon yang sedang Anda pilih. Ctrl V untuk mem-paste-kan ke tempat di mana pointer mouse Anda berada. Ctrl X melakukan cut dimanapun Anda melakukan highlight di dokumen, folder atau di bagian manapun tempat Anda bekerja. Ctrl A memilih atau membuat semua komponen menjadi ter-highlight.

– Alt Tab
Untuk berpindah antara window-window yang sedang terbuka. Tekan kombinasi tombol ini sekali untuk berpindah ke window terakhir yang Anda buka atau jika ditekan beberapa kali Anda dapat memilih akan masuk ke window yang mana. Menekan lama kombinasi tombol ini akan menampilkan daftar aplikasi yang sedang aktif dan mana yang akan Anda pilih.

keyboard

– Pernahkah Anda bertanya-tanya kenapa pada kebanyakan program Windows selalu ada ada huruf F yang digarisbawahi pada kata File, atau E pada Edit dst. Tekan Alt kemudian dilanjutkan dengan huruf yang digaris bawahi untuk membuka menunya atau bisa jika menggunakan panah untuk berpindah dan memilih menu yang ada.

– Tombol Windows R
Untuk membuka Run dialog. Disini Anda dapat menjalankan perinta secara tertulis.

– Windows E
Akan otomatis membuka Windows Explorer, secara default di My Computer.

– F2
Mengganti nama pada file atau folder yang dipilih.

– F3
Menjalankan Search bila Anda sedang di desktop atau di dalam folder.

– Windows M me-minimize semua window yang terbuka dan Windows D menampilkan desktop anda. Ini sangat berguna jika tiba-tiba bos Anda muncul. Begitu dia telah pergi tekan Shift Windows M untuk membuka kembali windows yang ter- minimize atau Windows D lagi untuk membuat desktop anda tertutup lagi dengan aplikasi Anda.

Tulis Komentar