Mengapa Kita Perlu Keamanan Komputer?

Dunia komunikasi data global selalu berubah, hubungan internet yang mudah dan murah, serta pesatnya perkembangan dunia software dalam waktu 5 tahun belakangan ini membuat keamanan menjadi isu yang sangat penting. Jalur komunikasi internet yang digunakan untuk tukar menukar data sangat rentan terhadap ancaman pencurian data.




Mengapa Kita Perlu Keamanan Komputer

Untuk mencuri data bukanlah sebuah pekerjaan yang sulit, karena yang dibutuhkan hanyalah kemampuan membaca, koneksi internet dan tentunya software bantuan untuk mencuri data yang banyak tersebar di internet. Bagi Anda yang terbiasa menggunakan Operasi Sistem Windows dan Aplikasi Ms. Office, virus pasti bukanlah sesuatu yang asing bagi Anda.

Ancaman virus menjadi sesuatu yang berbahaya bagi Anda, bukan hanya dapat menghancurkan data penting yang Anda miliki tetapi juga bisa membawa virus ke dalam komputer Anda sehingga memudahkan orang lain menyusup ke dalamnya tanpa Anda inginkan.




Ada berbagai alasan mengapa orang mengamankan
sistemnya. Beberapa diantaranya adalah:

• Menghindari resiko penyusupan
Anda harus memastikan bahwa sistem Anda tidak kemasukan penyusup yang bisa membaca, menulis dan menjalankan program-program yang bisa mengganggu atau bahkan menghancurkna sistem Anda.
• Mengurangi resiko ancaman
Hal ini biasa berlaku di institusi atau perusahaan swasta.

Ada beberapa macam jenis penyusup yang bisa mengganggu sistem Anda:
1. The Curious / si ingin tahu
jenis penyusup ini pada dasarnya tertarik menemukan jenis dari sistem yang Anda gunakan.
2. The Malicious / si perusak
jenis penyusup ini ingin merusak sistem yang Anda gunakan atau mengubah tampilan web Anda.
3. The High-Profile Intruder / Menyusup untuk
Popularitas penyusup jenis ini menggunakan sistem Anda untuk mencapai popularitas, jika berhasil masuk ke sistem Anda merupakan sarana promosi baginya
4. The Competition / si pesaing
penyusup jenis ini lebih tertarik pada data yang ada pada sistem Anda.
5. Melindungi sistem Anda dari kerentanan
Kerentanan akan menjadikan sistem Anda berpotensi untuk memberikan akses yang tidak diijinkan bagi orang yang tidak berhak.

Bagaimana cara Anda melindungi sistem Anda?

  • Selalu gunakan Password
  • Install Firewall

Kalau Anda seorang paranoid dan Anda takut sekali sistem Anda dimasuki oleh orang lain ada baiknya Anda segera mencabut kabel yang menghubungkan modem dengan PC Anda.

Tulis Komentar