Pengertian dan Contoh Majas Alegori

Contoh majas Alegori. Dalam bahasa indonesia, majas adalah istilah untuk gaya bahasa yang membentuk kalimat yang berisi berbagai macam jenis tata bahasa dengan kata kiasan tertentu yang bertujuan untuk memberi sebuah kesan dan arti akan sesuatu yang diutarakan dalam kalimat tersebut.




Pengertian Majas Alegori. Majas alegori adalah salah satu kategori gaya bahasa yang termasuk dalam jenis majas perbandingan. Alegori menjelaskan sesuatu dengan tidak langsung melalui kiasan atau penggambaran yang berhubungan atau bertautan dalam sebuah kesatuan yang utuh. Majas alegori biasanya kita temukan dalam alur cerita penulisan karya non fiksi seperti novel atau cerpen.

Contoh Majas Alegori

Beberapa kalimat berikut ini adalah contoh majas alegori yang bisa dipelajari untuk memahami bagaimana penggunaan majas ini dan bagaimana merangkai kata yang tepat untuk memakai majas ini untuk menyampaikan suatu maksud tidak langsung dalam kalimat.

# Perjalanan hidup manusia seperti sungai yang mengalir menyusuri tebing-tebing, yang kadang-kadang sulit ditebak kedalamannya, yang rela menerima segala sampah, dan yang pada akhirnya berhenti ketika bertemu dengan laut.




# Mereka akan segera mendayung bahtera rumah tangga mereka. Sang suami harus bisa menjadi sebagai nahkoda dan sang istri harus bisa menjadi juru mudi. Perjalan tidak akan mudah di tengah aut mereka akan berhadapan dengan ombak.

# Menikah itu seperti mengarungi bahtera rapuh di tengah lautan yang penuh akan riak ombak dan hal menegangkan lainnya. Jika kita tak berhati-hari, bisa salah arah dan tak tahu jalan pulang. Atau, jika kurang kuat, kapal bisa saja hancur lebih diterjang ombak ganas di laut. Menguatkan kapal dan memperbaharui kualitas nahkoda adalah jalan terbaik untuk bertahan.

Tulis Komentar