Cara membuat Coto Makassar

Cara membuat Coto Makassar berikut ini berguna buat anda yang tertarik dengan usaha jualan Coto Makassar yang menggiurkan keuntungannya. Atau juga jika anda sekedar ingin menyajikan Coto Makassar untuk menu keluarga anda.




Yang terpenting dari resep membuat Coto Makassar sebenarnya berada pada ketepatan pemilihan bahan buat persiapan membuat Coto Makassar dan pengolahan bahan dan daging hingga menghasilkan Coto Makassar yang bercita rasa khas Coto Makassar.

Cara Membuat Coto Makassar

Bahan-bahan Membuat Coto Makassar

500 gr daging segar (sapi atau kambing)
500 gr bagian babat sapi atau kambing. dimasak hingga matang
300 gr bagian hati sapi yang masih segar, dimasak hingga matang betul.
200 gr bagian jantung yang telah dibersihkan, dimasak hingga matang sempurna
5 batang daun serai disertai pangkalnya yang dimemarkan
4 siung lengkuas yang dimemarkan
2 centi meter jahe biasa yagn juga dimemarkan
5 lbr daun salam basah atau kering
250 gr kacang tanah yang disangrai kemudian dihaluskan
2,5 lr air cuci beras atau lebih baik dari tajin (air nasi yang sedang dimasak)
1 sdm bumbu dari kaldu bubuk rasa sapi atau sebungkus Masako atau Roico
6 sdm minyak sayur pada umumnya




Proses Membuat Coto Makassar

– Haluskan bahan berupa sepuluh siung bawang putih telah dikupas, 8 butir kemiri telah disangrai, 1 sdm ketumbar disangrai terpisah, 1 sdt jintan biasa yang disangrai, 1 sdt garam dan 1 sdt merica butiran.

– Masak daging sapi tadi, bagian babat, jantung, hati, kemudian tambahkan serai, jahe, lengkuas, dan daun salamnya. Jika sudah masak kemudian diangkat dan ditiriskan. Setelah dingin tinggal di potong-potong sesuai selera untuk kemudian disimpan dimangkuk khusus Coto Makassar.

cara membuat Coto Makassar

cara membuat Coto Makassar

– Gunakan sedikit minyak untuk menumis bahan yang telah disangrai dan dihaluskan kemudian jika telah berbau harum tinggal dituang kedalam kaldu yang sedang dimasak ulang.

– Kacang tanah yang telah digiling atau dihaluskan dengan cara ditumbuk tadi selanjutnya dituang juga dalam air kaldu. dan tunggu hingga mendidih dan dagingnya empuk.

Selesai membuat Coto Makassar ini anda bisa sajikan selagi masih panas untuk ukuran 6 orang dan sebaiknya makan dengan ketupat.

Tulis Komentar