Manfaat Kerokan dan Efek Samping Kerokan

Kerokan adalah salah satu metode tradisional yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu dan dilestarikan secara turun-temurun dari nenek moyang kita dan masih lestari hingga sekarang. Hampir setiap orang yang hidup di negara kita pernah merasakan masuk angin, dan kebanyakan orang langsung melukukan metode ini sebagai solusi pertama mengurangi efek buruk masuk angin.




Pengobatan tradisional ini menggunakan alat berupa benda-benda tumpul seperti uang koin, batu giok, sendok makan, potongan jahe atau potongan bawang merah. Pengobatan menggunakan benda-benda tersebut biasanya dikombinasiakan dengan minyak kayu putih, minyak telon, minyak kelapa, dan balsam. Penggunaan minyak minyak ini selain berfungsi sebagai pelicin, berfungsi juga sebagai pembuat efek hangat pada tubuh.

kerokan

kerokan merupakan pengobatan masuk angin paling populer

Setiap kita mengalami masuk angin yang timbul adalah rasa pegal pada bagian tubuh kita. Rasa pegal itu diakibatkan adanya angin yang masuk kedalam otot-otot tubuh kita. Oleh karena keampuhan khasiat kerokan, cara tradisional ini sampai terkenal hingga keluar negeri.  Cara tradisional ini tidak hanya di kenal di negara kita, tetapi juga dilakukan di negara lain seperti Cina, Kamboja dan Vietnam, namun istilah yang digunakan berbeda dengan di Indonesia. Jika di negara kita disebut kerokan, lain halnya dengan di Cina yan g disebut dengan Gua Sua, di Vietnam disebut dengan Cao Giodi dan di Kamboja dinamakan Goh Kyol.




Rasa hangat yang ditimbulkan dari kerokan diakibatkan adanya gesekan antara dua benda, yaitu antara benda tumpul dengan kulit yang menimbulkan panas. Dari panas inilah timbul reaksi pelebaran pembuluh darah yang melancarkan peredaran Oksigen dalam darah sehingga badan kembali terasa segar dan berangsur sembuh dari masuk angin. Pada saat kita mengerok badan maka akan timbul werna merah yang diakibatkan karena melebarnya pembuluh darah akibat gesekan yang terjadi pada kulit. Warna merah itu timbul karena pembuluh darah yang tadinya kosong menjadi lebar dan terisi darah, reaksi ini disebut Inflamasi.

Efek Samping dari Kerokan

Selain khasiat yang manjur untuk menyembuhkan masuk angin, Kerokan juga memiliki efek samping yang kurang bagus bagi tubuh kita, seperti :

  1. Mengakibatkan Kontraksi Dini, setiap kita melakukan kerikan kulit akan mengalami Inflamasi. Yang perlu kita ketahui adalah setiap tubuh kita megalami inflamasi, tubuh kita akan mengalami penolakan yang bisa mengaktifkan sistem kekebalan tubuh. Pada saat sistem kekebalan kita aktif, tubuh akan menghasilakan zat yang disebut dengan Cytokines. Zat inilah yang memicu Prostagladin yang dapat mengakibatkan kontraksi dini ada ibu-ibu hamil. Jadi, disarankan bagi ibu hamil untuk tidak melakukan kerokan pada saat mengalami masuk angin.
  2. Ketagihan, setiap kita melakukan kerokan tubuh akan merasa segar dan rasa pegal akibat masuk agin akan hilang. Rasa nyaman inilah yang akan membuat tubuh menjadi ketagihan dan melakukan kerikan setiap tubuh masuk angin.
  3. Masuknya Bakteri, efek samping ini timbul akibat melebarnya pori-pori tubuh, pada saat itulah akan ada bekteri yang masuk ke tubuh, mungkin efek bakeri ini tidak akan langsung terasa seketika. Semakin kita sering melakukan kerokan maka semakin sering juga pori-pori kita terbuka.

Dari penjelasan diatas anda dapat menyimpulkan sendiri, pengobatan apa yang akan anda pilih pada saat mesuk angin. yang jelas, setiap tipe pengobatan baik tradisional maupun modern pasti memiliki efek samping bagi tubuh. Yang patut kita pertimbangkan adalah metode mana yang efek sampingnya paling merugikan.

Tulis Komentar