Penyakit Gondong

Penyakit gondong adalah suatu penyakit menular yang terjadi paling sering pada anak-anak dan orang muda di antara umur lima belas tahun. Bayi-bayi biasanya kebal dengan penyakit ini. Kebanyakan orang hanya mendapat penyakit gondong hanya sekali seumur hidupnya, tetapi satu dari sepuluh orang orang mungkin bisa mendapat serangan kedua.




Penyebab penyakit Gondong

Penyakit gondong disebabkan oleh virus yang menyerang kelenjar-kelenjar air liur di mulut, terutama kelenjar-kelenjar parotis yang terletak pada tiap sisi muka tepat dibawah dan didepan telinga. Sesudah seseorang terkena kontak dengan penderita, nanti setelah kira-kira dua minggu kemudian barulah ia mendapat penyakit gondong ini.

Gejala-gejala penyakit gondong

Penderita gondong biasanya mengalami nyeri saat mengunyah atau menelan, dan menjadi lebih buruk jika menelan cairan asam seperti cuka dan air jeruk. Pembengkakan yang nyeri terjadi pada sisi-sisi muka dan dibawah telinga. Kelenjar-kelenjar dibawah dagu juga menjadi besar dan engkak, dan mungkin terasa demam. Pembengkakan berlangsung sampai tiga hari dan kemudian reda kembali.

penyakit gondong ditandai dengan pembengkakan dibawah telinga

penyakit gondong ditandai dengan pembengkakan dibawah telinga




Penyakit gondong biasanya ringan pada anak-anak. Namun pada semasa remaja bisa menjadi lebih parah. Anak-anak laki-laki belsan tahun bisa mendapat menyakit itu pada buah pelir. Ini sanyat sakit rasanya dan bisa menyebabkan kemandulan pada waktu dewasa. Komplikasi yang lebih serius bisa terjadi bila virus penyakit gondong menyerang otak dan susunan urat syaraf, menyebabkan radang selaput otak dan jaringan otak.

Perawatan penyakit gondong

Untuk merawat penderita penyakit gondong, suruhlah sisakit tinggal di tempat tidur beberapa hari sampai suhu tubuhnya menjadi normal kembali. Kompres panas atau kantong es pada bagian tubuh yang sakit dapat menolong meringankan perasaan sakit. Pakailah obat kumur yang baik untk membersihkan selaput lendir mulut. Usahakan agar sisakit minum banyak, dan lebih baik diberi makanan lembek. Makanan lembek mengurangi dia untuk mengunyah sehingga mengurangi nyeri.

Bila seorang laki-laki yang lebih tua kejangkitan penyakit gondong, ia harus diberi gamma globulin sebanyak 20 cc untuk melindungi dirinya terhadap peradangan buah pelir. Hydrocortison juga berguna untuk mengurangi peradangan yang lebih hebat. VAksinasi gondong boleh juga digunakan untuk melindungi pria yang belum pernah mendapat penyakit ini dimasa kanak-kanak, namun ini tidak daianjurkan untuk pemakaian umum karena pada anak-anak kecil penyakit gondong ini biasanya ringan saja.

Tulis Komentar