Bunga Udumbara, Mekar 3000 Tahun Sekali

Bunga Udumbara, adalah bunga legendaris yang mekar 3000 tahun sekali dan ternyata ada di Indonesia. Bunga ini sangat nyaris tidak kasat mata, dalam mitosnya umat Buddha, bunga yang mekarnya 3000 tahun sekali ini dapat membawa keberuntungan dan menjadi fenomena supranatural. Karennya bunga ini disebut bunga surgawi yang tidak tumbuh di dunia biasa.




Bunga Udumbara

Bunga Udumbara

Bunga Udumbara

Bunga Udumbara ini banyak disebutkan dalam kitab Buddha dan dapat ditemukan dalam teks-teks seperti “Buddhisme Mahayana’s Sutra Lotus” dan “Theravada’s Uraga Sutta”. dalam sebuah kitab buddha yang bernama Huillin  yang bertulis: “Jika seorang raja Sakral pemutar roda turun ke dunia manusia, bunga ini akan muncul karena berkah dan kebijakannya yang maha agung”.

Bunga Udumbara




Pohon bunga udumbara biasanya juga dikenal dengan sebutan “pencekik ara”, karena ia hidup sebagai parasit dan tumbuh pada cabang-cabangnya pohon inang. Pohon ara sendiri disimbolkan sebagai pohon yang bunganya terbungkus dalam buah dan sembunyi dari pandangan manusia.

Odonge“, adalah sebutan bangsa jepang untuk bunga ini, Odonge digunakan oleh Dogen Zenji untuk merujuk bunga udumbara dalam kitab Shōbōgenzō (“Perbendaharaan Mata Dharma Sejati”).

Sebagian besar orang didunia menemukan bunga yang diyakini sebagai bunga udumbara . Tahun 1997, adalah pertama kalinya bunga ini ditemukan di Korea, kemudian di China, Taiwan, Hong Kong, Malaysia, Singapura, Australia, Amerika, dan Indonesia.

Bunga ini juga bisa tumbuh di logam, kaca, tanaman, serta patung-patung Buddha. Namun, para peneliti berfikir bahwa orang-orang salah menafsirkan bahwa telur serangga atau “lacewing hijau” diduga adalah bunga Udumbara karena bentuk tampilannya yang serupa.

Bunga Udumbara

Larva tersebut disebut sebagai kumbang kecil penghisap, Sibetina akan mengeluarkan zat pelengketnya dan mengangkat perut untuk membentuk seperti tangkai kecil pada saat ingin bertelur. Telur-telur tersebut diletakkan di batang tangkai untuk menjaga larva muda dari larva lainnya yang menetas duluan. Nah, Larva tersebut diduga sebagai bunga udumbara karena bentuk dan tampilannya yang sangat mirip.

Sekarang, bunga udumbara yang legendaris itu benar-benar muncul di Indonesia, bukan telur serangga dan bukan pula serbuk putih yg menempel didaun-daun, tetapi adalah bunga udumbara yang aslinya.

Bunga Udumbara

Bunga tersebut ditemukan di halaman kantor Radio Erabaru di kawasan bukit senyum di Batam. Bunga kecil itu tumbuh di daun pohon jambu air, mitos mengatakan bahwa jika bunga ini mekar, maka akan turun raja baru sebagai utusan langit untuk memakmurkan manusia.

Demikianlah kilasan tentang bunga udumbara yang sangat legendaris karena ia tumbuh dan mekar 3000 tahun sekali. Semoga artikel tentang bunga udumbara yang mekar 3000 tahun sekali ini dapat bermanfaat untuk menambah wawasan kita semua.

2 Comments

  1. suprianto

Tulis Komentar