Hadiah Rp. 19 Milyar Untuk Penemu Celah Keamanan Produk Google

Google baru saja mengumumkan dimulainya kontes dan sayembara untuk para “hacker putih” yang bisa menemukan bug atau celah keamanan dan kelemahan untuk produk-produk besutannya seperti sistem operasi android dan chrome browser. Tidak main-main, google menyediakan imbalan tertinggi sampai 1.5 juta USD atau sekitar 19 milyar rupiah bagi mereka yang penemuannya dianggap paling berkontribusi dalam pengembangan keamanan dan pemuktahiran produk google tersebut.




google hacks

Kontes dan sayembara seperti ini memang sudah beberapa tahun digelar oleh google yaitu tepatnya dimulai pada tahun 2010 dimana saat itu google secara terbuka mengajak siapa saja yang bisa menemukan dan melaporkan celah keamanan untuk produk google dan tentunya akan diberi imbalan untuk itu.

Upaya ini tentunya sangat efektif untuk mengajak sumber daya manusia luar agar berkontribusi pada perusahaan, dimana sejak sampai tahun lalu setidaknya ada lebih dari 200 masalah yang ditemukan dari menggelar kontes seperti ini. Hadiah terbesar yang pernah diberikan sendiri jatuh kepada anak umur 17 tahun sebesar 150 ribu USD, yang saat itu menemukan sebuah celah keamanan pada google chrome. Pemuda ini sendiri setelah itu bergabung dengan Google di divisi keamanan Project Zero sebagai pekerja paruh waktu.




Google juga sebelumnya telah membeberkan sebuah lubang keamanan minor yang terdapat di sistem operasi terbaru besutan Microsoft yaitu Windows 8.1. Menanggapi hal tersebut, Microsoft pun marah-marah karena sebenarnya, mereka sudah bersiap menambal celah keamanan tersebut.

“Kami sudah meminta agar Google bekerja sama dengan kami untuk melindungi konsumen dengan menahan detail sampai kami merilis perbaikan,” demikian kata Chris Betz, seorang Senior Director of Research di Microsoft.

Tulis Komentar