Tipe-tipe Rumah Sakit Berdasarkan Fungsinya

Berdasarkan fugsi dan tugas dari Rumah Sakit, ternyata ada beberapa pembagian tipe-tipe Rumah Sakit. Tipe-tipe rumah sakit ini dibedakan berdasarkan kemampuan sebuah Rumah Sakit dalam memberikan pelayanan medis kepada para pasiennya.




Tipe-tipe Rumah Sakit berdasarkan fungsinya

1. Rumah Sakit Tipe A
Merupakan Rumah Sakit yang telah mampu memberikan pelayanan Kedokteran Spesialis dan Subspesialis luas sehingga oleh pemerintah ditetapkan sebagai tempat rujukan tertinggi (Top Referral Hospital) atau biasa juga disebut sebagai Rumah Sakit Pusat.

2. Rumah Sakit Tipe B
Merupakan Rumah Sakit yang telah mampu memberikan pelayanan Kedokteran Spesialis dan Subspesialis terbatas. Rumah Sakit ini didirikan di setiap Ibukota Propinsi yang mampu menampung pelayanan rujukan dari Rumah Sakit tingkat Kabupaten.

tipe-tipe rumah sakit dibedakan berdasarkan kemampuannya menangani pasien

tipe-tipe rumah sakit dibedakan berdasarkan kemampuannya menangani pasien




3. Rumah Sakit Tipe C
Merupakan Rumah Sakit yang telah mampu memberikan pelayanan Kedokeran Spesialis terbatas. Rumah Sakit tipe C ini didirikan di setiap Ibukota Kabupaten (Regency hospital) yang mampu menampung pelayanan rujukan dari Puskesmas.

4. Rumah Sakit Tipe D
Merupakan Rumah Sakit yang hanya bersifat transisi dengan hanya memiliki kemampuan untuk memberikan pelayanan Kedokteran Umum dan gigi. Rumah sakit tipe C ini mampu menampung rujukan yang berasal dari Puskesmas.

5. Rumah Sakit Tipe E
Tipe rumah sakit ini merupakan Rumah Sakit Khusus (spesial hospital) yang hanya mampu menyalenggarakan satu macam pelayan kesehatan kedokteran saja, misalnya Rumah Sakit Kusta, Rumah Sakit Paru, Rumah Sakit Jantung, Rumah Sakit Kanker, Rumah Sakit Ibu dan Anak, dll.

Tulis Komentar