Cara Mencegah Keracunan di Rumah Tangga

Percaya atau tidak, anda menyimpan berjenis-jenis racun di dalam rumah ada yang sangat berbahaya dan ada pula yang sedikit berbahaya. Keracunan lebih banyak terjadi pada anak-anak, namun orang tuapun juga terkadang terkena racun karena bahan-bahan kimia atau obat-obatan di dalam rumah.




Cara Mencegah Keracunan

Berikut ini langkah-langkah untuk mencegah keracunan

Buanglah semua obat yang sudah lama
Simpanlah selalu resep-resep baru di tempat yang benar. Jangan minum obet di tempat gelap. Ini dapat mendatangkan bahaya.

Bacalah selalu etiket dengan hati-hati sebelum memakai suatu obat atau makanan. Lihat tanggal kadaluarsa dari bahan tersebut. Jika tulisan dalam etiket kurang terang, buanglah obat itu.




Cucilah baik-baik segala buah-buahan dan sayur-sayuran sebelum dimakan. Banyak bahan berbahaya yang mungkin telah disemprotkan pada makanan ini untuk melindunginya terhadap serangga dan hama yang lain. Usahakan mengeluarkan segala racun ini sebelum anda menggunakan makanan ini.

Penyemprot serangga seharusnya dipakai pada ruangan yang cukup ventilasinya. Jangan menghirup uapnya. Jangan menggunakan semprot beracun ini di sekeliling makanan, atau di tempat menyediakan makanan. Segera tinggalkan ruangan setelah menyemprotnya.

Jangan menyimpan racun dan makanan dalam lemari yang sama. Anda bisa jadi salah mengambil racun saat ingin mengambil makanan. Obat-obatan harus disimpan baik-baik di tempat yang terkunci, agar anak-anak tidak mengambilnya. Demikian pula dengan larutan pembersih, obat pembunuh serangga, dan alkohol.

Memberi pengetahuan kepada keluarga tentang racun juga perlu. Bila anak-anak anda sudah berumur empat atau lima tahun, beritahukan kepada mereka tentang bahayanya menelan sembarang pil yang mereka dapat di sekitar rumah. Juga jelaskan bahwa biji-bijian atau tanaman asing mungkin juga mendatangkan bahaya. Jika anak-anak anda mempunyai kepercayaan pada anda, maka mereka akan menerima nasehat anda.

Tulis Komentar