Penyakit Gastritis atau radang selaput lendir lambung

Penyakit Gastritis ialah peradangan pada selaput lendir lambung. Sisakit biasanya mengeluh karena nyeri, hilang nafsu makan, mual, muntah-muntah, sakit kepala dan pening. Kesulitan mungkin terjadi setelah menggunakan minuman keras, rempah-rempah, obat-obatan tertentu, asam-asam keras atau bahan-bahan yang yag membakar. Penyakit ini kadang-kadang terjdi sesudah penyakit campak, diphtheria, radang paru-paru oleh virus, dan typhus abdominalis atau demam typhoid. Ketegangan saraf yang lama mungkin juga mengakibatkan radang lambung.




Gejala-gejala penyakit gastritis

Pada penyakit gastritis yang sudah menahun terasalah kepenuhan di perut, terutama sesudah makan. Sisakit mengeluh juga karena nyeri ulu hati, mual dan muntah-muntah dan kadang-kadang pendarahan dari lambung. Penyakit yang sudah lama sering mengakibatkan berkurangnya berat badan. Dalam beberapa hal mungkin terdapat borok kecil yang tidak terlihat pada X-ray. Meskipun demikian, sisakit harus selalu diperiksa dengan X-ray untuk memastika diagnosa. Orang yang menderita amnesia perniciosa mungkin menderita gastritis atrophicans karena kehilangan faktor intristic yang biasanya terdapat di dalam cairan lambung. Pasien yang mempunyai terlalu banyak asam lebih mudah mendapat borok-borok. Sebab itu baik sekali mendapat pemeriksaan cairan lambung.

Gastritis

Gastritis merupakan suatu peradangan mukosa lambung yang dapat bersifat akut, kronik difus, ata.

Perawatan penyakit gastritis

Hindarkanlah sesuatu yang dapat merangsang lambung, terutama minuman keras, nikotin, rempah-rempah, obat-obatan seperti aspirin, dan obat-obat pencahar yang keras. Makanan bagi penderita penyakit gastritis harus lembek. Vitamin-vitamin extra dianjurkan, dan juga vitamin B12 sangat dianjurkan untuk anemia perniciosa. Para pasien penderita pendarahan lambung harus dibaringkan di tempat tidur serta dikompres perutnya dan disuruh tinggal diam sampai dokter datang. Jika terjadi pendarahan berat dengan tinja kehitam-hitaman bawalah si sakit ke rumah sakit untuk perawatan yang lebih baik termasuk pembedahan jika perlu dilakukan.




Tulis Komentar