Resep Cupcake Pandan Istimewa

Pembaca sekalian, jika anda mencari resep cupcake dengan penyajian yang unik dan cantik maka cupcake pandan berikut ini bisa dicoba. Cupcake dengan rasa pandan berikut ini dibuat dengan hiasan toping coklat dan cream berwarna merah muda. Tentunya hiasan tersebut akan menjadi nilai tambah selain dari rasa cupcake yang pastinya menggugah seisi rumah jika anda membuatnya.




Yuk, disimak saja cara pembuatan cupcake pandan berikut ini!

cupcake pandan

Cupcake Pandan

Bahan Cake:
– 4 butir telur ayam
– 75 gram gula pasir
– 1/2 sendok teh emulsifier (sp/tbm)
– 100 gram tepung terigu protein sedang
– 1/4 sendok teh baking powder
– 10 gram maizena
– 10 gram susu bubuk
– 75 gram margarin, lelehkan
– 1/8 sendok teh pasta pandan




Bahan Glasir:
– 2 putih telur ayam
– 350 gram gula tepung
– 1/2 sendok teh jeruk nipis
– 2 tetes pewarna merah muda
– 1/8 sendok teh pasta cokelat
– 1 sendok teh wijen hitam, sangrai

Cara membuat cupcake pandan:
1. Kocok telur, gula pasir, dan emulsifier sampai mengembang. Tambahkan tepung terigu, baking powder, maizena, dan susu bubuk sambil diayak dan diaduk rata.
2. Masukkan margarin dan pasta pandan sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan.
3. Tuang di cetakan muffin berdiameter 6 cm yang dialasi cup kertas.
4. Panggang dalam oven panas dengan api bawah suhu 180 derajat Celcius selama 20 menit sampai matang. Angkat, dinginkan, keluarkan.
5. Glasir, kocok putih telur hingga mengembang. Masukkan gula tepung. Kocok hingga kental. Tambahkan air jeruk nipis. Kocok rata.
6. Ambil 75 gram adonan, tambahkan dengan pewarna merah muda. Aduk rata. Sisihkan. Ambil lagi 75 gram adonan, tambahkan dengan pasta cokelat. Aduk rata. Sisihkan. Sisanya dibiarkan putih.
7. Hiasan, bentuk bunga ukuran besar dan ukuran kecil dengan glasir merah muda di atas kertas cokelat berlapis minyak. 8. Beri wijen di tengahnya. Panggang dalam oven panas selama 1 menit sampai glasir mengeras. Lepaskan dari kertas nasi.
9. Oles permukaan cake dengan glasir putih. Bentuk motif dengan glasir cokelat. Tempel bunga ukuran besar dan ukuran kecil. Bentuk titik-titik dengan glasir cokelat. Sajikan. Untuk 21 buah

No Responses

  1. December 20, 2014

Tulis Komentar