5 Strategi Cara Berhenti Merokok

Cara Berhenti Merokok – Menurut penelitian World Cancer Society, sekitar 20 persen orang dewasa saat ini merokok. Merokok memiliki banyak efek merusak pada kesehatan, meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, kanker mulut, kanker usus besar, paru-paru, bronkitis dan sekitar 90 persen dari kanker paru-paru. Meskipun bukti yang menunjukkan efek kesehatan negatif dari merokok sudah banyak dipublikasikan secara luas, berhenti merokok masih sangat sulit untuk dicapai bahkan bagi mereka yang mengetahui fakta-fakta tersebut.




5strategicaraberhentimerokok

Saat ini para peneliti di bidang kebiasaan merokok telah menyimpulkan lima strategi utama yang paling membantu dalam menghilangkan kebiasaan mematikan ini. Ingat, tidak pernah terlalu terlambat untuk melakukan perubahan. Menurut beberapa laporan, setelah hanya 12 jam berhenti merokok, tingkat karbon monoksida dalam darah stabil pada tingkat normal. Setelah 15 tahun berhenti merokok, risiko penyakit jantung koroner dan stroke berada pada tingkat normal. Memulai di jalan menuju pemulihan dengan 5 teknik berhenti merokok dibawah ini.

1. Mendidik Diri Sendiri Dengan Dampak Negatif Merokok

Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk mengubah kebiasaan buruk ini adalah dengan menginformasikan diri sendiri tentang pro dan kontra dari mengubah perilaku tersebut. Mengambil peran aktif dalam mendidik diri sendiri tentang manfaat potensial berhenti merokok atau konsekuensi dari kebiasaan terus merokok. Baca sebanyak-banyaknya bahan yang Anda bisa tentang konsekuensi kesehatan akibat merokok dan mencatatnya sehingga Anda dapat membuat keputusan. Pertimbangan akan manfaat keuangan berhenti merokok, seperti pengeluaran uang akan lebih hemat jika tidak membeli rokok. Akan sulit untuk menghentikan kebiasaan ini sampai Anda berada pada pola pikir yang tepat untuk memutuskan perubahan.




2. Identifikasi dan hilangkan pemicunya

Pemicu disini yang dimaksud adalah rangsangan fisik dan psikologis di lingkungan Anda yang mengingatkan Anda baik secara sadar atau tidak sadar dari keinginan Anda untuk merokok. Semakin lama Anda merokok, semakin kuat koneksi antara pemicu ini yang terus mendesak Anda. Jadi, langkah pertama adalah untuk menjauhkan diri dari pemicu ini sebanyak mungkin. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Membuang setiap perlengkapan merokok seperti asbak atau pemantik dan dry clean pakaian apapun yang berbau asap rokok.
  2. Mulailah untuk berhenti merokok dari pemicunya agar anda dapat menghilangkannya. Misalnya, merokok dengan kopi saat pagi, merokok sambil mengemudi atau merokok saat begadang.
  3. Sebelum Anda berhenti, cobalah untuk belajar melakukan hal-hal tersebut tanpa merokok, lakukan secara perlahan-lahan.
  4. Mengurangi stres dalam hidup, dimana hal ini sering menimbulkan dorongan untuk merokok dan mungkin benar-benar mengubah gaya hidup Anda.
  5. Bila perlu, minta bantuan dari seorang psikoterapis di berbagai pusat konseling.

3. Cari dan Gunakan Dukungan Sosial

Berhenti merokok adalah hal yang sulit pada umumnya, tetapi melakukannya seorang diri hampir mustahil. Pertama, Anda tentunya akan melampiaskan ke teman dekat, pasangan atau anggota keluarga tentang kesulitan-kesulitan ini. Kedua, orang-orang ini dapat memastikan bahwa Anda bekerja menuju tujuan Anda, meskipun diri sendiri! Beritahu orang disekitar Anda tentang rencana Anda untuk berhenti merokok. Jika Anda memiliki teman-teman yang merokok, berhentilah bersama-sama. Perlu diingat, beberapa teman dan anggota keluarga mungkin malah menjadi pemicu untuk merokok. Meminta mereka untuk tidak merokok di sekitar Anda dan, jika perlu, jangan menghabiskan waktu bersama mereka selama proses berhenti merokok yang anda jalani.

4. Bantuan Terapi Medis

Berhenti merokok adalah proses fisik dan mental. Penelitian menunjukkan bahwa kurang dari tujuh persen dari mereka yang berusaha mampu berhenti merokok tanpa obat-obatan, terapi pengganti nikotin atau bantuan lainnya. Obat-obatan seperti Zyban dan Chantix, tersedia dengan resep dari dokter, meningkatkan angka menjadi antara 25 dan 33 persen. Dan studi baru melaporkan bahwa terapi perilaku dan mendukung dapat meningkatkan tingkat keberhasilan lebih jauh. Beberapa terapi pengganti, termasuk patch, permen pelega tenggorokan, dan, tersedia over-the-counter dan mungkin tersedia gratis di Puskesmas kuliah Anda. Beberapa terapi penggantian bahkan menawarkan dukungan telepon gratis dari produsen.

5. Monitori proses berhenti Anda

Menghentikan kebiasaan, terutama kecanduan fisiologis, mengakibatkan tidak hanya berhenti berperilaku tetapi mengganti kebiasaan dengan yang baru. Dalam psikologi, tujuan pendekatan ini harus menjadi bagian baru jadwal harian Anda. Secara umum, terlibat dalam kebiasaan sehat, termasuk latihan yang konsisten, konsumsi multivitamin setiap hari dan makan makanan seimbang. Anda mungkin menemukan bahwa permen karet atau permen pengharum napas menyediakan pengganti lisan yang bagus. Juga, mulai hobi baru yang akan membuat pikiran Anda dari merokok atau yang mencegah Anda dari merokok. Sebagai contoh, merajut atau lukisan menjaga tangan Anda sibuk. Hadiahi diri Anda sendiri untuk gaya hidup baru ini, dan menyadari bahwa mungkin ada kambuh, tetapi ini adalah bagian normal dari proses pemulihan. Juga ingat, meskipun Anda mungkin memiliki kambuh, Anda telah membuktikan Anda dapat menjauhkan diri untuk suatu masa atau waktu, dan setiap saat berharga. Anda dapat melihat waktu itu praktik baik untuk berhasil berhenti untuk selamanya.

Tulis Komentar