Efek buruk sering begadang bagi kesehatan

Efek buruk begadang – Begadang atau keadaan atau aktifitas tidak tidur pada waktunya banyak dilakukan oleh anak muda yang biasanya bekerja pada waktu malam hari atau sekedar iseng karena tidak punya kegiatan dan semakin lama berdampak pada keadaan susah tidur. Efek buruk begadang ini ternyata sangat besar pada kesehatan secara umum dan jika pola hidup sering begadang tidak cepat dirubah 44pada usia muda maka tubuh akan mudah terserang penyakit terutama pada usia paruh baya.




Kebiasaan pola hidup sering bedagang ini memang merugikan kesehatan dan telah diketahui secara luas. namun anehnya, beberapa orang sering mengabaikannya, yang mungkin diakibatkan oleh kebiasaan lama yang susah diubah kembali.

dampak buruk begadang

Dikutip dari berbagai sumber, ini dia 9 efek buruk dari kegiatan sering begadang bagi tubuh. Silahkan disimak.




Mengganggu jam biologis tubuh
Ketika seseorang sudah terbiasa tidur larut malam, jam tubuh mereka lama-kelamaan akan menyesuaikan. Dengan begitu, mereka akan lebih sulit untuk tidur lebih awal. Jam tubuh mereka sudah diset untuk tidur larut akibat perubahan jam biologis tersebut.

Menyebabkan Penyakit jantung
Kebiasaan tidur terlalu malam akan membuat orang lebih rentan terkena penyakit jantung. Saat ini penyakit jantung seringkali dipicu oleh kurang tidur.

Memicu Obesitas
Tidur kurang dari enam jam semalam akan mengganggu metabolisme tubuh. Akibatnya, tubuh akan lebih cepat menyimpan lemak dan membuat orang cepat gemuk. Selain itu, orang yang seringkali terjaga sampai malam biasanya suka mengonsumsi makanan yang kaya lemak, sehingga membuat mereka lebih cepat bertambah berat badan.

Melemahkan sistem kekebalan tubuh
Sering begadang tak hanya merusak sel otak melainkan juga menghancurkan sel darah putih yang memperkuat sistem kekebalan tubuh. Itulah mengapa sering tidur larut malam akan melemahkan imunitas tubuh dan membuat orang lebih mudah terserang penyakit.

Menyebabkan Tekanan darah tinggi
Orang yang kurang tidur biasanya memiliki tingkat stres yang tinggi. Hal ini karena fisik dan pikiran mereka tak mendapat cukup waktu untuk beristirahat. Akibatnya, stres yang berkepanjangan cenderung memicu tekanan darah tinggi yang kronis.

Penyebab Sakit kepala
Sering merasa tak nyaman pada bagian kepala saat bangun terlalu siang dan tidur malam? Ini adalah salah satu akibat dari kurang tidur akibat banyak begadang. sedikit demi sedikit bagian sel otak akan mengalami masalah karena Anda tak cukup istirahat. Selain itu, sebuah penelitian juga mengungkap bahwa kurang tidur memiliki efek seperti benturan pada kepala.

Memicu Diabetes
Tidur larut malam akan mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh. Ini bisa memicu intoleransi glukosa yang berkaitan dengan produksi insulin dalam tubuh. Jika hal ini diteruskan, bukan tak mungkin orang yang suka tidur larut malam akan lebih rentan terkena diabetes.

Penyebab Stroke
Kebanyakan orang tetap bangun pagi meski sebelumnya tidur larut malam. Hal ini membuat mereka hanya memiliki sedikit waktu beristirahat. Kurang istirahat bisa memberikan tekanan pada jantung dan berujung pada stroke atau serangan jantung.

Melemahkan saraf
Kurang tidur dan tidur di jam-jam yang tak wajar akan mempengaruhi sistem saraf pusat. Akibatnya, sistem saraf akan semakin lemah, begitu juga refleks Anda. Tak hanya it, penelitian juga mengungkap bahwa jika begadang dijadikan pola hidup rutin, lama-kelamaan efeknya akan menumpuk dan bisa mengurangi harapan hidup Anda.

Nah, Bagaimana pembaca? Jika saat ini anda punya pola hidup tidak sehat dengan sering begadang, mungkin anda perlu mempertimbangkannya kembali dengan mulai belajar mengatur ulang jam tidur dan waktu beraktivitas anda.

Tulis Komentar