3 Manfaat dan khasiat daun jambu biji untuk pengobatan penyakit

Manfaat daun jambu biji – Indonesia adalah negara tropis yang kaya akan keanekaragaman baik itu hewani maupun nabati. Keberadaan wilayah indonesia pada daerah vulkanik membuat tanahnya subur dan menjadi rumah untuk berbagai tanaman dan buah. Nah, jambu biji ini merupakan salah satu tanaman yang mudah ditemukan di indonesia.




daun jambu

Tahukah anda bahwa selain dikonsumsi sebagai buah, jambu biji juga bisa digunakan sebagai bahan obat tradisional alami yaitu dengan memakai daun jambu biji yang banyak mengandung senyawa yang dapat membantu meredakan bermacam-macam penyakit.

Adapun kandungan senyawa dalam daun jambu biji diantaranya Saponin, Flavanoid, Polifenol, Alkaloid, Karoten, Steroid, Kuinon, Anti-oksidan, Minyak atsiri, Tannin, Senyawa anti-mutagenic dan Masih banyak lainnya. Kandungan senyawa diatas dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk berbagai bacam penyakit diantaranya diare dan disentri, Maag, Sariawan, Perut kembung dan penyakit lainnya.




Manfaat daun jambu biji untuk pengobatan

1. Pengobatan Diare dan Disentri
Untuk mengobati penyakit diare dan disentri, ambil daun Jambu biji segar seberat 30g ditambah segenggam tepung beras dan campur dengan Air 1-2 gelas kemudian direbus. Setelah itu dinginkan danĀ  minum airnya 2 kali sehari. Cara lainnya kunyah 3 lembar daun jambu biji muda yang segar dengan sedikit garam lalu ditelan, lakukan 2 kali sehari.

2. Mengobati Sariawan
Untuk mengobati sariawan disa dilakukan, caranya dengan mengambil segenggam daun jambu biji segar dari kulit batangnya dicampur dengan 1 liter air, kemudian direbus. Saring dan minum air rebusan ini 2 kali sehari.

3. Penyakit Lainya
Daun jambu biji juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit lainnya seperti Borok, Ambeien, Kembung dan Maag. Caranya dengan mengolah daun jambu biji sama seperti dengan pengobatan pada penyakit sariawan diatas.

Demikian artikel singkat kali ini seputar manfaat dan khasiat daun jambu biji untuk pengobatan penyakit. Tunggu artikel selanjutnya.

Artikel terkait :
* 11 manfaat dan khasiat daun katuk untuk ibu menyusui
* Manfaat dan khasiat daun cocor bebek untuk kesehatan
* Manfaat dan khasiat buah durian untuk kesehatan

No Responses

Tulis Komentar