Perbedaan OS 32-bit dengan OS 64-bit

Seringkali ketika kita akan menginstal software atau driver kita diberi dua pilihan yaitu untuk 32-bit dan 64-bit. Kadang kita juga bingung apakah OS yang kita pakai 32-bit atau 64-bit. Penjelasan berikut mungkin bisa membantu anda untuk mengetahui perbedaan OS 32-bit dan OS 64-bit.




Perbedaan OS 32 bit dan OS 64 bit

PErbedaan 64-bit dan 32-bit pada sistem operasi adalah pada cara processor atau disebut CPU dalam menangani informasi. CPU dengan register 64-bit dapat memproses data lebih banyak dibandingkan dengan CPU 32-bit yang lebih cepat dari CPU 16-bit dan 8-bit.

Perbedaan OS 32-bit dengan OS 64-bit

mengecek os komputer kita

Di tahun 2000-an, orang-orang dibuat bingung dengan versi 64-bit. Buat apa menggunakan versi 64-bit, sedangkan sedikit sekali driver yang support. Di tahun 2001, kemudian Microsoft merilis Windows XP 64-bit Edition, tapi tetap saja dengan support driver yang terbatas. Tahun selanjutnya, OS X Panther dan Linux Distributions mulai membuat CPU yang support 64-bit dalam beberapa kapasitas. Selama 5 tahun, Mac OS X belum sepenuhnya bisa support 64-bit dengan merilis OS X Leopard. Kemudian, Microsoft membuat versi support 64-bit dengan Windows Vista-nya, tapi tetap saja, minim sekali driver yang support, sampai akhirnya keluarlah Windows 7 yang dapat mem-populerkan proses komputer 64-bit.




Untuk menginstal OS versi 64-bit anda harus mempunyai CPU pada sistem anda yang mampu menjalankan Windows versi 64-bit. Manfaat menggunakan 64-bit sistem operasi paling jelas ketika Anda mempunyai RAM dalam jumlah besar yang terpasang pada komputer Anda, biasanya 4 GB RAM atau lebih. Dalam kasus tersebut, karena 64-bit sistem operasi dapat menangani sejumlah besar memori yang lebih efisien daripada sistem operasi 32-bit. Sistem operasi 64-bit dapat lebih responsif ketika menjalankan beberapa program pada waktu yang sama dan sering beralih antar program.

Program 32-bit dapat berjalan pada 64-bit namun akan berjalan lebih lambat di sistem operasi tersebut dan driver 32-bit tidak bisa berjalan pada sistem operasi 64-bit. sedangkan semua program 64-bit tidak dapat berjalan pada sistem operasi 32-bit. Begitu pula driver-drivernya tidak bisa berjalan.

Cara mengetahui apakah OS kita 64-bit atau 32-bit

Untuk mengetahui OS yang kita pakai 32-bit atau 64-bit caranya klik kanan Computer pada menu Start Program, kemudian pilih Properties. MAka akan tampil menu System Properties, dan versi OS bisa kita lihat pada System type.

Tulis Komentar