Manfaat Garam dan Akibat Kekurangan Garam Pada Tubuh

Garam meja atau yang biasa disebut natrium chlorida sangat penting untuk mempertahankan keseimbangan asam basa yang normal di dalam tubuh. Tanpa adanya kadar garam yang diperlukan di dalam tubuh, kita tidak dapat hidup lama. Tetapi garam meja harus digunakan secukupnya saja, asal saja seoang tidak menderita penyakit ginjal ataupun penyakit jantung. Jika ia menderita penyakit seperti itu, penggunaan garam harus dibatasi, terutama jika ia menderita juga tekanan darah tinggi.




garam dapur

Penambahan garam pada makanan harus diperhatikan ukurannya

Banyak orang menggunakan terlalu banyak garam, dan membubuhkannya pada makannan sehingga hilanglah rasa makanan yang sebenarnya. Pemakaian garam berlebihan memberi beban tambahan pada ginjal, dan dapat menaikkan tekanan darah seseorang. Seorang yang bijaksana akan menggunakan garam secukupnya saja.

Penyakit yang disebabkan karena terlalu banyak garam

Salah satu penyakit akibat kelebihan garam (natrium) adalah Oedem atau sembab atau pembengkakan tungkai kaki dan mata kaki. Hal ini desebabkan oleh tidak sempurnanya pembuangan garam melalui ginjal. Tekanan darah mungkin naik dan tidak turun lagi sampai kelebihan natrium sudah dikeluarkan dari tubuh. Orang yang menderita penyakit jantung dan penyakit tekanan darah tinggi, atau yang ginjalnya sudah rusak, harus selalu menghindarkan pemakaian garam dan segala makanan asin yang berlebihan.




Ketika cuaca panas atau kita sering berkeringat dimana saat itu kondisi banyak garam dikeluarkan dari tubuh, dan juga terjadi kekejangan otot-otot yang nyeri rasanya. Pada konsisi tersebut orang yang menderita penyakit jantung bisa memakai kebih banyak garam terutama jika mereka merasa sakit pada otot-ototnya.

Tulis Komentar